TTG, Ajang Inovasi Mahasiswa Fisika

(Foto: Kabar/ Zakiya)
SEMARANG, KABARFREKUENSI.COM  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika mengadakan kegiatan expo Teknologi Tepat Guna (TTG), Selasa (29/11). Kegiatan yang berlangsung di Taman Revolusi kampus II UIN Walisongo Semarang ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Sains Islam Nasional (PISIN) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan tahun ini mengusung tema “Berinovasi untuk Negeri Menuju Generasi Unggul Berprestasi”.
Sebanyak delapan produk alat-alat teknologi tepat guna karya mahasiswa UIN Walisongo, khususnya Jurusan Pendidikan Fisika dan Fisika Murni dipamerkan dalam kegiatan ini. Antara lain lup bioskop, rain alarm helmet, everywhere fan, mesin uap apa adanya, plastik biodegradable, lamping, miniatur pompa air, dan cooling  jacket.
Alat-alat yang dipamerkan ini telah dipresentasikan kepada dewan juri saat lomba, Minggu (27/11) lalu. Saat ini, expo sekaligus penilaian dari pengunjung untuk menentukan juara favorit,” ujar Anaqoh Laila Lutfia, ketua panitia TTG.
Anaqoh, sapaan akrabnya, tetap positive thinking bahwa kegiatan tersebut akan ramai, meski setelah dua jam berjalan masih sepi pengunjung. “Kegiatan ini diadakan saat jam perkuliahan berlangsung, mungkin teman-teman masih kuliah jadi belum bisa ke sini,” tuturnya.
Mahasiswi Jurusan Pendidikan Fisika tersebut berharap, kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya. “Melalui kegiatan ini, semoga dapat mewadahi mahasiswa yang kreatif membuat alat-alat semacam ini dan memotivasi mahasiswa untuk tetap semangat berkarya,” pungkasnya. (Kabar/ Zakiya)