Wacana

Sastra

Resensi

Forum

» » Sihir dan Hewan Menakjubkan


Judul Film             : Fantastic Beast and Where to Find Them
Sutradara             : David Yates
Penulis                 : J.K. Rowling
Tahun Rilis           : November 2016
Durasi                  : 2 jam 13 menit
Pemeran              : Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, Alison Sudol, Ezra Miller, Samantha Morton, Jon Voight, Carmen Ejogo, dan Colin Farrell
Resensator          : Syifa’ul Furqon

Siapa yang tak kenal dengan J.K. Rowling. Melalui Harry Potter, dia sukses menyihir mayoritas penduduk dunia dengan karya fantasi yang bernuansa magic. Kini dia membuat spin-off (film yang mengangkat sisi lain dari seorang tokoh dalam film yang mempunyai penggemar sendiri) dari serial Harry Potter yang berjudul Fantastic Beast and Where to Find Them (Monster Fantastis dan Dimana untuk mencari mereka).
Berlatar New York tahun 1920an, beberapa puluh tahun sebelum kisah Harry Potter. Film ini mengangkat genre yang sama dengan pendahulunya (Read:Harry Potter). Dalam serial Harry Potter, Fantastic Beast and Where to Find Them merupakan buku ensiklopedia tentang hewan-hewan gaib wajib yang harus dimiliki siswa tahun pertama Hogwarts.
Newt Scamander (Eddie Redmayne) seorang magizoologis -pakar sihir hewan- pergi ke New York untuk mencari dan meneliti hewan-hewan gaib. Dia membawa sebuah koper ajaib dimana di dalamnya terdapat hewan-hewan gaib yang dia rawat dan pelihara. Dalam perjalanannya, kopernya tertukar dengan Jacob Kowalski (Dan Foggler), seorang manusia biasa yang tidak mempunyai sihir (No-Maj/No Magic, dalam Harry Potter disebut Muggle).  Celakanya, beberapa hewan di dalamnya keluar karena kecerobohan Jacob.
Porpentina Goldstein (Katherine Waterson), seorang anggota MACUSA (Magical Congress of United States of America) Badan sihir Amerika Serikat yang sedang diskors menyadari kehadiran Newt. Dia berusaha untuk mendapatkan posisinya kembali di MACUSA. Tina menangkap Newt karena melanggar hukum dimana membawa hewan gaib ke New York. Sayangnya laporan yang diberikan Tina tidak digubris.
Newt mencari kopernya yang tertukar, dia mendapati kekacauan telah terjadi. Dia mengetahui kekacauan tersebut disebabkan peliharaannya yang lepas. Dia menemukan Jacob dalam keadaan tergigit oleh peliharaannya. Tina memutuskan untuk menahan Newt dan membawa Jacob sebagai saksi.
Tina membawa mereka ke tempat tinggalnya. Dia tinggal bersama saudaranya yakni Queenie Goldstein (Alison Sudol). Tanpa sepengetahuan Tina dan Queenie, Newt masuk ke dalam koper untuk memeriksa keadaan di dalamnya.
Di dalam kopernya, terdapat ruangan besar yang terdiri dari ruangannya bekerja dan tempat tinggal hewan-hewan peliharaannya. Di dalamnya terdapat banyak jenis hewan gaib dari seluruh dunia. Di antaranya yakni Niffler, Bowtruckle, Thunderbird, Swooping Evil, Demiguise, Occamy dll. Jacob takjub melihat semua itu dan tertarik dengan sihir. Namun, ada satu makhluk yang berbahaya yakni Obscurus, sejenis parasit yang terlahir dari para penyihir yang memaksa menahan kekuatan sihirnya.
Beberapa waktu sebelumnya, terdapat penyerangan terhadap No-Maj di New York. Akibatnya rumah, gedung dan fasilitas kota hancur. Ini mengancam keberadaan penyihir di Amerika. Keberadaan penyihir di Amerika disembunyikan karena dapat mengakibatkan peperangan antara penyihir dan manusia.
Gellerd Grindelwald, seorang penyihir hitam yang bertekad untuk merevolusi dunia sihir. Dia ingin dunia sihir tidak perlu menyembunyikan diri dari manusia. Pada saat penyerangan di New York, Dia mengetahui bahwa yang menyerang manusia saat itu ialah Obscurus. Dia berencana untuk memanfaatkannya demi tujuannya untuk menguasai dunia manusia. Menurut info yang didapatnya, Obscurus berada pada seorang anak yang diasuh oleh Salem II di New York.
Setelah Newt dan Jacob selesai memberi makan, mereka berencana untuk mencari hewan-hewan yang hilang. Tina kemudian mengetahui apa yang mereka lakukan dan berusaha untuk mencari dan menangkap mereka kembali. Setelah ditangkap, nasib sial menimpa mereka. Newt dituduh mempunyai hubungan dengan adanya obscurus di New York akibatnya dia dihukum mati. Malang, Tina dan Jacob juga ikut mendapatkan hukuman.
Pada saat Newt akan dihukum, Ia mendapatkan bantuan dari Pickett, seekor Bowtruckle yang pemalu dan tidak mau jauh dari Newt. Ia pandai membuka berbagai kunci apapun dan dengan bantuannya borgol yang menahan Newt pun terlepas. Kemudian, seekor swooping evil juga membantu mengalahkan para penjaga yang mencoba menghadangnya.
Film ini sebagai obat kerinduan para penggemar dunia magic. Ini merupakan debut pertama J.K. Rowling dalam menulis naskah film. Dalam dua jam durasi film, Dia memberikan banyak sekali cerita pembuka untuk seri-seri selanjunya. Misalnya, Teror Grindelwald, Kisah cinta Newt-Tina, Petualangan bersama hewan-hewan, dan Masalah sihir di Amerika.
Film ini mengajarkan kepada kita untuk peduli terhadap semua makhluk hidup. Mereka juga punya hak untuk hidup bersama di dunia ini. Kita secara langsung maupun tidak langsung membutuhkan mereka. Tanpa mereka mungkin kita bisa musnah. Seperti ketika Newt akan dihukum mati, dia ditolong oleh salah satu hewan peliharaannya.
Terkadang karena terlalu fokus dengan alur, penampilan aktor di dalamnya kurang tereksplorasi. Tetapi, Disini Eddie Redmayne sebagai pemeran Newt Scamander menampilkan tokoh dengan apik. Eddie pandai memainkan karakter Newt yang Kikuk, Pemalu, dan Introvert namun pemberani dan kuat.
Disisi lain Jacob Kowalski yang diperankan oleh Dan Foggler tampil sebagai pendukung dan penghibur. Penampilannya pun sering ditunggu-tunggu karena memang di setiap penampilannya tentu ada aksi lucu.
Fantastic Beasts and Where to Find Them hadir sebagai film spin-off, dimana penonton yang tidak mengikuti cerita Harry Potter dapat juga ikut menikmatinya. Walau kehadirannya datang setelah serial Harry Potter namun film ini tidak kalah memikat.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tentang LPM Frekuensi

Lembaga Pers Mahasiswa Frekuensi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Wacana

Forum

Resensi