Expo Ramadan, Ajang Berwirausaha Mahasiswa Biologi

Beberapa pengunjung sedang melihat produk olahan jamur  (Foto/ Riza)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM – Jumat Sore (02/06) kelompok mahasiswa bioentrepreneur mengadakan kegiatan “Expo Ramadan”. Expo yang diikuti berbagai kelas di Jurusan Pendidikan Biologi dan Biologi serta beberapa mahasiswa dari Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam ini menyajikan makanan olahan jamur dan karya dari sampah. Mereka berlomba-lomba meramaikan Taman Jati Kampus II UIN Walisongo dengan memamerkan berbagai produk olahan jamur seperti pastel, jamur coklat, pudding, martabak hingga rendang jamur. Tak hanya itu saja, mereka juga menampilkan produk olahan dari limbah plastik yang dibuat menjadi tas.

Menurut ketua panitia, Laili, expo tersebut merupakan ajang melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa biologi. “Jadi biar lebih mendalami jiwa enterpreneur baik dalam kampus khususnya maupun masyarakat pada umumnya”, tuturnya.

Diawali pembukaan dan pemotongan pita oleh Dekan FST, Ruswan. Kemudian dalam sambutannya ia memberikan apresiasi terhadap Expo ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi pelajaran bagaimana memasarkan produk ke orang-orang.

Ruswan menambahkan dalam berusaha ketrampilan membuat produk berkualitas bukan satu-satunya kunci keberhasilan, melainkan diperlukan pula kemampuan memasarkan. "Keberhasilan dalam bisnis tidak hanya kualitas produknya, tetapi juga strategi penjualan," tutur Ruswan yang juga mengaku semasa mahasiswa pernah berwirausaha. (Kabar/ Eri)