Wonder Woman dan kebangkitan DC Films

Dok. Internet

Judul Film                         : Wonder Woman
Sutradara                          : Patty Jenkins
Rumah Produksi               : DC Films
Durasi                               : 2 jam 21 menit
Tahun Rilis                        : 2017

Setelah gagal dengan film Superman vs Batman dan juga kurang suksesnya film Suicide Scuad, Tahun ini DC Films mendapatkan kesuksesan besar lewat film superhero terbarunya Wonder Woman. Dirlis pada awal juni tahun ini, Film garapan Patty Jenkins ini langsung menjadi trending topic dan menempati peringkat pertama box office movie bulan itu.

Film Wonder woman mengisahkan perjalanan hidup Diana Prince a.k.a Putri Diana a.k.a Wonder Woman yang diperankan aktris cantik, Gal Gadot dalam keikutsertaanya di perang dunia pertama. Putri Diana tinggal disebuah pulau tersembunyi Themyscira. Pulau tersebut hanya berisi para wanita yang telah diberkati dewa olympus dan disebut suku Amazon.

Bangsa amazon percaya bahwa pada zaman dahulu ketika dunia masih baru, Dewa Zeus menciptakan makhluk yang dapat memimpin yakni Manusia. Manusia diciptakan dengan sifat-sifat yang baik, dan kuat. Namun putranya sang Dewa Perang, Ares iri dengan manusia dan ingin merusaknya. Ares meracuni hati dan pikiran mereka sehingga terjadi banyak perang dimuka bumi. Dewa-dewa kemudian menciptakan bangsa Amazon untuk memperbaiki keadaan bumi dan mengembalikan kedamaian.

Walau kedamaian didapatkan, namun kedamaian tidak berjalan lama, bangsa amazon mulai mengalami pembantaian. Dewa-dewa berusaha untuk melindungi bangsa Amazon, namun Ares membunuh mereka satu persatu hingga hanya tersisa Zeus. Dengan kekuatannya, Zeus membuat Ares menyerah dan membuangnya ke bumi. Zeus yakin bahwa Ares akan kembali dan akan menciptakan perang dahsyat. Oleh karena itu,  Zeus memberikan sebuah pulau tersembunyi dan senjata yang dapat membunuh dewa kepada bangsa Amazon.

Diana kecil mempunyai ketertarikan yang amat besar dengan bela diri. Ia dilatih oleh adik ibunya Ratu Hippolyta, Antiope. Suatu ketika, jatuhlah sebuah pesawat di dekat pantai Themyscira. Di dalamnya terdapat seorang mata-mata amerika, Steve Trevor (Chris Pine). Dia (Read : Steve) menceritakan apa dialaminya dan mengatakan bahwa dunia luar sedang berperang. Diana beranggapan bahwa penyebab peperangan tersebut ialah dewa Ares. Karena itu, Ia ingin pergi ke dunia luar untuk mengalahkan Ares dan membebaskan manusia dari perang. Singkat cerita, Diana dan Steve pergi ke dunia luar mencoba untuk mengalahkan Ares.

Film wonder woman disebut-sebut sebagai kebangkitan dari DC. Sebelumnya DC kurang sukses mengangkat cerita super heroesnya kedalam layar lebar. Berbeda dengan Marvel yang semakin berjaya ditiap filmnya. Wonder women menjadi harapan DC untuk kembali bersaing dalam dunia perfilman. Harapan ini pun bisa dibilang terwujud walau sempat terjadi komentar miring terhadap Gal Gadot bahwa dirinya tidak cocok memerankan sosok Wonder woman. Nyatanya film ini sukses ditonton banyak orang dan bahkan mendapatkan pendapatan yang besar.

Banyak hal dalam film ini patut diacungi  jempol. Adegan yang diperlihatkan dalam film ditambah aksi dari setiap tokohnya ditampilkan dengan elok. Lihat diawal cerita para wanita suku Amazon totalitas dalam melakukan aksi-aksi yang notabene dilakukan para lelaki.

Peran tokoh utama juga ditampilkan dengan sangat baik oleh Gal Gadot. Perjalanan Gal Gadot melihat dunia yang baru amat menarik. Keingintahuannya terhadap dunia baru itu diperankan dengan baik. Kepolosan yang ditampilkannya itu membuat penonton setidaknya tersenyum melihat tingkahnya.

Tak hanya itu, Aksinya ketika menjadi sang super hero wanita itu juga tampak natural. Atraksi melompat dari bangunan dan penggunaan senjata terlihat sangat luwes. Didukung animasi dan efek yang bagus membuat penonton puas melihat setiap aksi Wonder woman. Terdapat kritik sosial dalam filmnya dimana peran perempuan pada zaman dulu selalu terpinggirkan.

Dari segi cerita, penokohan, aksi, serta efek diwujudkan DC dengan sangat menarik. Namun, alur dari cerita dirasa penulis mudah dibaca endingnya pun jelas terlihat. Pertarungan diakhir dengan vilain utama juga dirasa terlalu sedikit. Kekuatan villain dirasa tidak seimbang dengan kekuatan sang super hero wanita itu.

Secara umum, film Wonder Woman ini sangat bagus. Film ini menjadi langkah kebangkitan DC sekaligus beban bagi DC untuk film-film selanjutnya. Kesuksesan Wonder woman menjadi standar kesuksesan bagi DC. Semoga film DC selanjutnya mendapatkan tempat dihati penontonya dan dapat juga menyaingi rivalnya.