Tiga Mahasiswa FST Juarai LKTI Nasional

(Foto/ Dokumen Pribadi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COMTiga Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) Nasional di Banda Aceh,  (10-14/3). Khusnul, juru bicara tim LKTI (24/3) mengatakan bahwa lomba ini temasuk salah satu rangkaian acara Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) 2018

Munas ini diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa Geofisika dari berbagai kampus di Indonesia. Khusnul maju sebagai delegasi UIN Walisongo pada final LKTI dan berhasil meraih juara III. Pasalnya, pada lomba ini, juara I disabet oleh UIN Makassar dan juara II diraih oleh Universitas Pertamina.

Judul penelitian Khusnul adalah Potensi dan WKP Panas Bumi untuk Optimalisasi dan Target Bauran Energi Primer Nasional tahun 2025. Tujuan penelitian mereka yaitu optimalisasi energi terbarukan khususnya panas bumi agar bisa menjadi sumber energi primer di masa mendatang.

“Sebenarnya kelompok kami terdiri dari tiga orang, tetapi yang maju ke Aceh untuk presentasi hanya saya,” tutur Ketua DEMA FST ini.

Tim ini beranggotakan Lianita Anggraini Putri (Fisika), Ahmad Khairul Azmi (Fisika) dan Khusnul Fitroh (Fisika). Pada lomba ini, Khusnul merasa senang karena ia bisa mendapatkan  juara untuk perlombaan tingkat Nasional, yang sebelumnya belum pernah diraih. Pun, tema yang diambil–Geotermal– berbeda dari presenter lain.

“Harapan untuk mahasiswa saintek dan fakultas lain adalah semoga bisa berkarya dan berkontribusi dengan menunjukkan prestasi-prestasinya,” pungkasnya. (Kabar/ Puja*)



*Kru Magang LPM Frekuensi Jurusan
Pendidikan Matermatika Angkatan 2017