Wacana

Sastra

Resensi

Forum

» » Tips Menulis Novel oleh Azhar Nurun

(Foto/ Puja)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Seminar dan bedah buku bersama Azhar Nurun Ala bertajuk Membangun Cinta untuk Menggapai Surga-Nya diselenggarakan pada Minggu (13/5) di ruang D4-327 Universitas Negeri Semarang (Unnes). Seminar ini mengupas novel Mahar untuk Maharani karya Azhar beserta lika-liku perjalanan cintanya.
“Sebenarnya saya tidak suka menulis sampai saat SMA, dari kecil listrik saja susah” ujar Azhar. Tetapi keinginan mikronya, ingin melihat anak cucunya dapat menikmati hasil karya kakeknya agar terkenang sepanjang masa, menjadikan suatu motivasi tersendiri untuk tetap menulis dan membuat karya.
Pria satu anak ini menjelaskan bahwa ada dua hal yang mampu memengaruhi pikiran orang yaitu orang-orang yang ditemui dan buku yang dibaca. Ia berdalih bahwa untuk membalas budi para penulis buku ialah dengan menulis buku.
Menurutnya, novel yang baik harus mampu membius dan menarik pembaca. Buku Mahar untuk Maharani karyanya sarat akan nilai-nilai kemuliaan petani, bakti kepada orang tua, dan semangat berwirausaha.
Menentukan premis, ending, dan minimal lima titik balik adegan novel menjadi unsur-unsur penting dalam pembuatan novel. Pria lulusan Universitas Indonesia (UI) ini menuturkan beberapa platformnya ketika menulis mahar untuk maharani antara lain ialah riset, cerita menarik, menjadikan pembaca harus selesai membaca hingga akhir, dan memberikan kejutan-kejutan di setiap babnya.
“Semoga seminar dan bedah buku ini dapat menjadi keberkahan untuk mempersiapkan bekal masa depan” harap Adib, moderator. (Kabar/ Puja)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tentang LPM Frekuensi

Lembaga Pers Mahasiswa Frekuensi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Wacana

Forum

Resensi