Orsenik: Agenda Mahasiswa Baru Pasca PBAK

Logo ORSENIK 2017 UIN Walisongo
Sumber : skmamanat


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (2018) resmi ditutup Rabu (28/9) oleh Wakil Rektor III UIN Walisongo Semarang, Suparman Syukur. Beliau menyampaikan pasca PBAK akan ada acara selanjutnya, yaitu Orsenik untuk mahasiswa baru.
Suparman juga menjelaskan bahwa orsenik ini merupakan rangkaian pertandingan dibidang seni dan olahraga. Orsenik ini nantinya akan mempertandingkan para delegasi dari tiap-tiap fakultas.
Suparman menghimbau bahwa agenda ini diadakan sebagai wahana berkreasi mahasiswa, sehingga diharapkan DEMA, SEMA dan mahasiswa dapat mempersiapkannya dengan baik. Orsenik ini akan diadakan di beberapa titik wilayah UIN walisongo Semarang, seperti di Gedung Serbaguna dan beberapa gedung lainnya.
Untuk jenis cabang olahraganya masih sama dengan tahun lalu, di antaranya yaitu Futsal, Tennis Meja, Badminton, Poster, Plan Bisnis, Orasi, dan lainnya. Walaupun banyaknya cabang olahraga masih sama, Suparman menyampaikan bahwa masih banyak beberapa cabang olahraga di UIN Walisongo yang memiliki kualitas yang baik walaupun terdapat fasilitas yang masih kurang memadai, dan diharapkan untuk tahun depan UIN Walisongo akan memiliki tambahan gedung untuk pusat kegiatan mahasiswa.
"Untuk Cabornya sendiri masih sama dengan tahun lalu, namun banyak kegiatan-kegiatan mahasiwa yang bagus seperti kempo, karate dan semuanya bagus walaupun fasilitas yang belum memadahi, semoga hal ini tidak mempengaruhi semangat mahasiwa" imbuhnya.
Karena acara orsenik ini merupakan perlombaan antar fakultas, pastinya akan ada ambisi untuk mendukung fakultasnya masing-masing. Maka diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti berkelahi dan tawuran antar suporter.
Untuk suporter dari masing-masing fakultas akan dipantau oleh panitia dan akan dikawal dari titik fakultasnya hingga ke tempat pertandingan sehingga dapat mengantisipasi terjadinya keributan. Meskipun begitu tidak ada larangan-larangan khusus terkait atribut, namun diharapkan para suporter tetap rapi, arif, dan damai.
"Mengantisipasi terjadinya tawuran tentunya kami sudah membentuk sedemikian rupa, panitia akan dipersiapkan. Nantinya gerakan-gerakan perfakultas akan kita kawal sampai ke tempat. Namun saya rasa mahasiswa sekarang sudah mudah diatur InshaAllah" tegasnya.
Suparman juga berharap Orsenik tahun ini berlangsung dengan gegap gempita, meriah, dan tentram. Melalui acara ini diharapkan menjadi tempat untuk menunjukan prestasi mahasiswa baru. (Kabar/ Adila)