Tindak Lanjut DEMA Terkait Donasi Lombok dari Maba 2018

Foto/ Zakiya
Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Serangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik Dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang telah dilaksanakan pada tanggal 27-29 agustus 2018. Acara yang diselenggarakan di Kampus UIN Walisongo ini memberikan berbagai macam resitasi kepada para mahasiswa baru. Di antaranya, mahasiswa baru harus membawa pom-pom, id-card, buku bacaan, dan mengumpulkan donasi untuk masyarakat yang terkena bencana alam di Lombok.

Terkait resitasi pengumpulan donasi tersebut Syarifuddin Fahmi selaku presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Walisongo menyampaikan bahwa memang benar awalnya donasi tersebut ingin disumbangkan ke Lombok. Akan tetapi, setelah PBAK selesai ia mendapat kabar dari bebagai media bahwa masyarakat Lombok sudah tidak membutuhkannya.

"Setelah PBAK berjalan dengan berbagai macam proses dan PBAK usai, ternyata lombok sudah tidak membutuhkan. Bahkan ada viral di berbagai media bahwa donasi di lombok terbuang-buang," ujarnya saat diwawancarai di PKM DEMA-U, Kamis (30/8).

Meski begitu, mahasiswa yang kerap disapa Fahmi ini menyampaikan bahwa resitasi berupa baju, tikar, dan selimut layak pakai tersebut akan tetap dikumpulkan. Pasalnya, ia berencana agar apabila kedepannya terdapat bencana alam di Indonesia, donasi-donasi tersebut sudah siap disumbangkan.

Akan tetapi, Fahmi pun mengungkapkan bahwa sampai saat ini terdapat beberapa pihak yang menghubunginya terkait pengiriman donasi ke Lombok. Donasi yang ditampung dapat berupa apa pun. Namun, diutamakan dalam bentuk barang.

Diakhir wawancara, mahasiswa jurusan Ilmu Falak ini menyatakan bahwa belum ada keputusan yang sesungguhnya terkait donasi tersebut. Keputusan baru akan diambil pada tanggal 31 Agustus 2018.

"Keputusannya terakhir besok malam. Jika nanti kita kirim barangnya ke lombok berarti donasi tetap ditujukan ke lombok dan akan diurus oleh mitra yang kami tunjuk," tutupnya.


Akan tetapi, akhirnya DEMA-U mengambil keputusan untuk tetap mengirimkan donasi tersebut ke Lombok. Hal ini dibuktikan dengan pernyataannya pada akun instagram DEMA-U.

Malam ini DEMA UIN Walisongo akan menyalurkan bantuan donasi baju untuk Lombok dari 4000 mahasiswa baru 2018,” keterangan ini diunggah di instastory akun instagram DEMA-U, @demauinws_official. (Kabar/ Diah)