280 Medali Siap Diperebutkan pada Orsenik 2018

(Foto/ Ulfia)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Orsenik 2018 resmi dibuka oleh Rektor UIN Walisongo, Muhibbin di Gedung Serba Guna (GSG) kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Jumat (21/9). Lenny Ristiyani selaku Ketua Panitia Orsenik tahun ini memberikan sambutannya pada acara pembukaan yang dihadiri 4104 mahasiswa baru UIN Walisongo ini.
Orsenik kali ini yang bertemakan "Show Your Sportifity, Make a Creation" diselenggarakan oleh gabungan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi intra-kampus yaitu DEMA-U, UKM-U dan DEMA-F yang berjumlah 162 orang panitia. Rinciannya yaitu 25 orang pantia pengarah, 114 orang panitia pelaksana, 8 orang tim kesehatan , dan 15 orang tim keamanan.
Pada pelaksanaan Orsenik tahun ini, panitia menyediakan 9 titik tempat perlombaan yaitu GSG, Auditorium  2, Auditorium 1, Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum, Aula Q, Gedung E, Halaman Perpus Pusat, Jalan Juras, dan area Walk Clambing.

Cabang Lomba
Jumlah cabang lomba Orsenik tahun ini masih sama dengan tahun kemarin yaitu terdapat 25 cabang lomba yang dibagi menjadi 4 kategori. Kategori olahraga terdiri dari Futsal, Voli, Panjat Tebing, Tennis meja, Catur, Sprint, dan Bulu tangkis. Kategori Bela Diri terdiri dari Pencak Silat, Karate dan Kempo. Kategori Ilmiah terdiri dari Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Arab, Orasi Aksi, Bahtsul Kutub, Plan Bisnis, Presentasi Makalah, dan Khitobah. Terakhir, Kategori Seni dan keterampilan terdiri dari Poster, LBB, Musikalisasi Puisi, Karaoke, MTQ, Kaligrafi, Pertolongan Pertama, dan Paduan Suara. Cabang-cabang lomba tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai Jumat hingga Minggu, 21-23 September 2018.

Poin Lomba
Para atlet Orsenik nantinya akan memperebutkan 3 gelar juara yaitu juara 1 (medali emas), juara 2 (medali perak), dan juara 3 (medali perunggu). Masing-masing juara akan mendapat poin yang akan diakumulasikan untuk penentuan juara umum. Juara 1 akan mendapatkan 10 poin, juara 2 mendapatkan 5 poin, dan juara 3 mendapatkan 2 poin. Orsenik kali ini memperebutkan 280 medali dengan rincian 83 medali emas, 83 medali  perak, dan 114 medali perunggu. Sedangkan bila dihitung dengan poin, terdapat 1533 poin yang dapat diperebutkan para atlet dengan rincian 830 poin juara 1, 415 poin juara 2, dan 228 poin untuk juara 3.
Rektor berharap adanya Orsenik dapat memunculkan bibit-bibit mahasiswa berprestasi. 
"Orsenik ini menjadi ajang untuk mencari bibit unggul dalam bidang olahraga seni, ilmiah, dan keterampilan. Nantinya yang menang bisa menjadi andalan di universitas untuk mengikuti perlombaan di tingkat selanjutnya" pungkas Muhibbin(Kabar/ Adila)