Ilustrasi google.com

Bumblebee, salah satu autobot yang sering muncul di sekuel Transformers. Lihai dalam bertarung membuat dia tak jarang diidolakan. Sebelum membahas lebih dalam mengenai Bumbblebee, masih ingat Transformers?. Transformers merupakan cerita fiksi bertema robot yang menceritakan tentang perang saudara antara Decepticon dan Autobot di Cybertron, tempat para robot tinggal.
Berbeda dengan Transformers yang konsisten dalam menyajikan sekuelnya, kali ini Paramount Pictures hadir dengan karya yang berbeda. Bumblebee dirilis dengan versi prekuel dari Transformers. Prekuel adalah karya yang memiliki latar waktu sebelum karya sebelumnya. Menceritakan sisi lain dari salah satu Autobot, membuat karya ini ditunggu banyak penonton di akhir tahun.
Menceritakan sebuah perang saudara antara Decepticon dan Autobot yang dipimpin oleh Optimus Prime, berujung pada kerusakan dan kehancuran Cybertron, tempat mereka tinggal. Karena merasa hampir kalah oleh Decepticon, Optimus Prime mengutus B127 untuk menuju bumi dan membuat markas para Autobot. Dengan segera B127 menuruti perintah Optimus Prime.
Tak beruntung, setelah mendarat di bumi B127 justru bertemu dengan pasukan militer AS yang dipimpin oleh Agen Burns (John Cena). Merasa terancam, pasukan militer AS pun menyerang B127 dan berujung pada peperangan. Belum berakhir, perang pun berlanjut pada perkelahian antara B127 dengan salah satu Decepticon yang berhasil melacak keberadaan B127 di bumi.
Walaupun Decepticon telah dilumpuhkan, memori ingatan dan kekuatan B127 berhasil dirusak oleh Decepticon sebelum dihancurkan oleh B127. Merasa sekarat dan kehabisan daya, B127 pun memindai tubuhnya pada mobil VW Bettle kuning yang saat itu berada didekatnya.
Dilain waktu, seorang gadis bernama Charlie Watson (Hailee Steinfeld) yang baru berumur 18 tahun sangat menginginkan mobil baru dari ibunya. Namun hal itu tidak disetujui oleh ibunya. Suatu hari Charlie mengunjungi bengkel tua, dan saat itu dia tak sengaja melihat mobil VW Bettle kuning yang berada pada tumpukan rongsokan. Dengan uang tabungan dan rasa percaya dirinya, ia berhasil membawa dan membeli mobil itu untuk diperbaikinya di rumah.
Setelah diperbaiki, mobil yang semula baik-baik saja justru hidup dan berubah menjadi robot. Sikap awal Charlie yang ketakutan saat bertemu robot kuning itu perlahan hilang, dan akhirnya menjadi sepasang sahabat antara dua makhluk yang berbeda.  Charlie pun memberinya nama, yaitu Bumblebee (B127).
Sempat mengalami hilang memori akibat perkelahian, ada saat dimana Bumblebee sudah mengingat semuanya. Karena pencarian Bumblebee terus berlanjut, dua Decepticon pun berhasil menemukan keberadaan Bumblebee di bumi. Perkelahian pun terjadi antara Bumblebee dan Decepticons. Bumblebee yang berusaha menyelamatkan bumi akhirnya berhasil melawan dan mengahncurkan kedua Decepticons.
Karena keharusan Bumblebee untuk mendampingi Optimus Prime dalam melanjutkan misi, Charlie dengan berat merelakan kepergian Bumblebee dari kehidupannya. Walau begitu, Charlie tetap bahagia karena telah bertrmu dengan sosok yang telah merubah dirinya.
Dilihat, Travis Knight berhasil menyajikan film Bumblebee dengan baik. Transformasi Bumblebee dari VW ke autobot sangatlah detail dengan teknik pengambilan visual jarak dekat. Selain sutradaranya, penulis naskah (Christina Hadson) juga berhasil dengan menyisipkan adegan humoris di dalamnya, seperti tingkah lucu dan menjengkelkan Bumblebee akibat hilang memori. Bukan hanya action, pun disisipkan kisah cinta seorang remaja yang tidak muluk-muluk antara Charlie dengan Memo (Jorge Lenderborg Jr.).
Tak puas dengan cerita peperangan, Bumblebee juga hadir dengan menampilkan sedikit permasalahan sederhana yang terjadi dalam suatu keluarga kecil. Memberikan pelajaran positif berupa proses dari seorang gadis yang awalnya pendiam menjadi gadis yang bahagia dan ramah karena kenyataan yang harus memiliki ayah tiri.
Seluruh penonton, baik yang tahu atau tidak mengenai sekuel Transformers dapat melihat Bumblebee dengan tenang. Karena Bumblebee ini tidak termasuk sekuel Transformers, namun hanya prekuel, sehingga tidak akan membuat penonton yang belum melihat sekuel Transformers menjadi bingung dan rugi. Sangat cocok untuk keluarga dan para remaja yang menginginkan film bergenre  adventure serta mengangkat genre action namun tidak memiliki bobot cerita yang berat.

Judul Film   : Bumblebee
Jenis Film    : Pertarungan, Petualangan, dan Komedi
Produser     : Michael Bay
Sutradara    : Travis Knight
Penulis        : Christina Hudson
Produksi      : Paramount Pictures
Durasi         : 1 jam 54 menit
Pemain       : Hailee Stainfeld, John Cena, Jorge Landerborg Jr., Rachel Crow, Pamela Adlon
Peresensi    : May Firdaw Arifiyyanti
                      Kru Magang LPM Frekuensi angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi