(Gambar: Dokumentasi pribadi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Majelis Bahasa (MASA) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan diskusi secara daring pada Minggu (24/04). Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom meeting ini diikuti sebanyak 56 peserta baik dari ranah internal maupun ekstenal.

Diskusi online kali ini mengangkat tema Build a good generation skills by improving international language through books. Menurut Moh. Arifin, pembina UKM MASA,  tujuan diselenggarakannya diskusi online ini sebagai sarana edukasi kepada generasi baru dalam meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa internasional melalui sebuah buku. Hal tersebut didukung dengan dihadirkannya pemateri yang memiliki prestasi dibidang literasi, Aminatus Sholihah, penulis buku rubik sekaligus Founder Hanima English Course.

Disampaikan Aminatus dalam materi kebahasaan, bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi baik dalam bentuk kata, kelompok kata, klausa, ataupun kalimat yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan.

“Saat ini Indonesia mengalami krisis penurunan minat baca, yang didasari oleh meningkatnya penggunaan media sosial seperti youtube dan tiktok. Solusi yang tepat untuk mengatasi malas membaca adalah menggalakan dan memotivasi diri akan pentingnya membaca sebagai asas meningkatkan pengetahuan, jelas Aminatus.

Aminatus juga memberikan tips untuk tidak malas membaca buku dengan bahasa asing seperti English Language.

“Kamu bisa menumbuhkan ketertarikan belajar bahasa asing tersebut, ataupun meminta rekomendasi dari teman misal menanyakan genre novel yang saat ini tengah best seller,” tutur dari Aminatus.

“ Sesuaikan dengan kemampuan kamu, jangan ragu akan kemampuanmu, jangan takut untuk mencoba dan memulai. Karena kita tidak akan tau kualitas kita seperti apa, dan kualitas diri kamu terbentuk atau tidak. Intinya jangan takut, pungkas Aminatus mengakhiri diskusi. (Kabar/Putri)