Sumber : Dokumentasi Kontributor

Jakarta, KABARFREKUENSI.COM–Dalam rangka meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa, maka dari itu krida 5 yang tergabung dalam Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 bekerja sama dengan SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, mengadakan kegiatan literasi bertajuk “Petualangan Cerita (Peta): Transformasi Audio Inklusif”. Kegiatan yang berlangsung pada (21/5), diikuti oleh siswa jenjang sekolah dasar kelas 2, 4, dan 5, serta didampingi oleh beberapa dewan guru.

 

Petualangan Cerita (Peta) merupakan krida literasi yang berfokus pada transformasi alih wahana dari buku cerita menjadi audio yang inklusif ke siswa di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Bentuk dari krida Petualangan Cerita (PETA) adalah siniar cerita dengan beberapa aktivitas literasi pendamping lainnya.


Salah satu Dewan Guru Sekolah SLB A "Pembina" Tingkat Nasional Jakarta, Ibu Shanty, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja sama bersama Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan literasi siswa disnetra melalui transformasi materi menjadi audio. "Kami senang sekali didatangi dan berkolaborasi dengan  para finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 untuk memberikan pengalaman literasi yang menyenangkan dan inklusif bagi semua siswa. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan terhadap membaca dan menulis di kalangan siswa kami," ujarnya.


Rangkaian kegiatan literasi ini meliputi berbagai acara menarik, antara lain sesi mendengarkan siniar buku cerita dengan berbagai judul, diantaranya Aku Sayang Ayah, Gempa, dan Rumah Adat Sumba. Setelah mendengarkan siniar dan buku audio, para siswa akan diberikan pertanyaan terkait yang dijawab secara langsung. Sesi mendengarkan siniar dipandu langsung oleh kami anggota Krida 5 secara bergantian yang memberikan cerita-cerita inspiratif dan edukatif. Suasana didalam kelas disambut sangat antusias  oleh siswa yang menunjukkan kemampuan mereka dalam menyampaikan kembali cerita yang tepat.


Tidak hanya itu, proses pembuatan siniar dimulai dengan pemilihan buku cerita yang tepat sesuai jenjang pendidikan yaitu sekolah dasar melalui laman budi.kemdikbud.go.id. Selanjutnya proses perekaman siniar melalui kerja sama kami yang dilakukan di Perpustakaan Jakarta. Puncak acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan berupa gantungan tas dan jajanan ringan kepada siswa serta sertifikat dan plakat kepada sekolah. “Bahagia sekali rasanya kami dari finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2024 dapat langsung melaksanakan uji coba simulasi Petalangan Cerita (PETA) serta dapat berbagi inspirasi dan juga semangat kepada adik-adik untuk meningkatkan kemampuan literasi melalui siniar dan buku audio yang kami bawakan,” Ujar Dian Anggreini selaku Ketua Pelaksana.


Kabar : Muhammad Romizan Khoir

Editor : Salsabila Safirana