Doc. Panitia

Semarang, KABARFREKUENSI.COM – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk "Strategi Tembus Beasiswa Luar Negeri", Senin (1/4). Seminar Nasional yang diadakan di Auditorium II kampus 3 ini mengundang pembicara yang berpengalaman terkait beasiswa luar negeri seperti Nugroho Agung Pambudi, penerima 22 beasiswa luar negeri dan Yohana Viriana, CEO dan Founder YDREMSWAY.
Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membangun mindset yang tinggi dari mahasiswa UIN bahwa mahasiswa UIN itu bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya.
 “Kita membangun mindset panitia dan peserta agar punya semangat bahwa mahasiswa UIN itu juga bisa tembus beasiswa ke luar negeri,” ucap Nur Salim selaku ketua panitia Seminar Nasional.
Seminar yang dihadiri sekitar 250 mahasiswa ini diadakan untuk memeriahkan Dies Natalis UIN Walisongo yang ke – 49.
 “Karena bertepatan dengan Dies Natalis UIN, jadi acara kita juga dalam rangka memperingatinya,” tutur Salim.
Menurut Nugroho Agung Pambudi, kuliah di luar negeri itu ada banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu mendapatkannya pendidikan yang berkualitas. Dia menekankan bahwa Indonesia bukan negara dengan tingkat pendidikan rendah, karena setiap negara itu mempunyai karakteristik masing-masing.
“Misalnya di Jepang mesinnya yang bagus, di Taiwan komputernya yang bagus. Kalau di Indonesia itu yang bagus ya bahasa Indonesia, karena tidak ada Negara manapun yang lebih baik bahasa Indonesianya selain di Indonesia sendiri,” tutur Nugroho Agung Pambudi selaku pemateri pertama.
Dalam seminar ini Yohana Viriana, selaku pemateri kedua memberi tips dalam meraih beasiswa luar negeri. Setidaknya terdapat tiga bagian penting yang harus dimiliki, yaitu keyakinan 100%, merancang impian yang bertujuan untuk go internasional, dan menjadi percaya diri.
“Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar,” tutur Yohana sekaligus mengakhiri seminar. (Kabar/ Daris)