(Foto/ Suwaiya)
Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKM-U) An- Niswa mengadakan acara seminar dan  pemilihan kangmas denok dalam rangka memperingati hari kartini sekaligus semarak dies natalis Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang ke-49 pada Rabu (24/4) di Auditorium 2 kampus 3 UIN Walisongo  Semarang.   Peserta kangmas denok diikuti oleh perwakilan setiap fakultas di UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 16 Peserta.
Seminar dengan tema “Relevansi Pemikiran R.A. Kartini Tentang Kesetaraan Gender di Era Milenial” berlangsung dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang, kemudian dilanjutkan acara pemilihan kangmas denok. Acara ini mendatangkan 3 juri, yaitu Syamsul Ridwan selaku Sekretaris Jendral Perlindungan Anak Indonesia dan juga dosen  Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang, Usfiyatul Lailiyah dari Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA), serta anggota dari Wardah kosmetik.
Babak penyisihan Kangmas Denok berlangsung ketat. Pada babak pertama, semua peserta menampilkan bakat-bakat mereka di depan juri dan penonton. Beberapa peserta menampilkan pembacaan puisi, bernyanyi, pidato 3 bahasa, tarian tradisional, story telling dan ada juga yang menampilkan atraksi sulap. Dilanjutkan sesi kedua yaitu tanya jawab dari panitia seputar peran Kartini di era milenial dan kesetaraan gender. Kemudian sesi debat pro kontra. Dan yang terakhir sesi tanya jawab dari juri untuk menentukan juara pertama, kedua dan ketiga dari 6 finalis terbaik.
Juara pertama Kangmas Denok UIN Walisongo Semarang tahun 2019 diraih oleh Muhammad Alfikri dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Dinda Anggita juga dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Sedangkan juara kedua diraih oleh Muhammad Riyas Amir dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan Mila Faradina dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Adapun Hafiedz Ayatal Maula dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Khusnul Khotimah dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebagai juara ketiga Kangmas Denok UIN Walisongo Semarang 2019.
"Tujuan diadakanya acara pemilihan kangmas denok yaitu untuk  mewakili UIN Walisongo Semarang ke ajang Duta Generasi Berencana (GENRE) tingkat Semarang." Tutur Rofiqoh Nur Azizah selaku ketua panitia. (Kabar/ Suwaiya)