(Ilustrasi: google.com)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Melalui video yang berdurasi 5 menit, Novel Baswedan menyampaikan maaf karena tidak bisa hadir pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Kamis (22/8). Video tersebut ditayangkan kepada Mahasiswa Baru (Maba) atau Generasi Walisongo (Genwa)pada saat Expo UKM Universitas.
Selain ucapan permintaan maaf, mantan anggota Polri ini juga memberikanbeberapa semangat dan motivasi kepada Genwa.
“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan pemandangan kepada adik-adik untuk terus memupuk sifat kritis dan kepedulian terhadap orang lain. Tentunya terkait dengan yang sedang kita bicarakan yakni tentang kemanusiaan.” Tutur Novel dalam video yang ditayangkan di Gedung Serba Guna Kampus III.
“Sebagai seorang mahasiswa, harusnya anda tidak hanya belajar dari buku saja tetapi dari pengalaman dan tempaan dalam hidup yang akan menguatkan karakter anda.” Imbuhnya.
Muhammad Syukron selaku ketua panitia PBAK menuturkan alasan ketidakhadiran Novel Baswedan.
“Pas awal kita menghubungi beliau bilang insyaallah siap, sampai pada saat H-10 hari kita baru mendapatkan jawaban bahwa Pak Novel tidak bisa, katanya karena dalam keadaan tidak bisa diganggu. Serta ada agenda lain juga.” Ujar Syukron.
“Adanya video dari Pak Novel itu sudah membuat saya merasa senang, karena beliau merupakan korban dari HAM itu sendiri.” Imbuhnya.
Untuk menggantikan Novel sebagai pembicara di PBAK bersama Usman Hamid, panitia menghubungi Alissa Wahid.
“Kalau untuk tokoh pengganti, kita menghubungi mbak Alissa selaku pemilik jaringan Gusdurian Indonesia. Tetapi pada tanggal ini beliau tidak bisa datang karena kesibukan diluar. Soalnya jadwal mbak Alissa padat sekali.” Pungkas Syukron. (Kabar/ Annisa)