Ilustrasi google.com


Setiap 10 November diperingati hari pahlawan, yang penuh kenangan tentang sejarah peradaban bangsa. Hari pahlawanmerupakan hari yang penting bagi bangsa Indonesia karena banyak pahlawan yang gugur dalam memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan. Momen ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan perbuatan–perbuatan yang telah kita lakukan selama ini. Apakah perbuatan kita sudah selaras dengankeinginan para pendiri bangsa? Ataukah perbuatan kita telah membuat para pahlawan kecewa?Bisa kita bayangkan jika mereka masih hidup, tentu perbuatan kita bisa mempengaruhi perasaan mereka. Mereka bisa saja tersenyum atau menangis karena perbuatan kita selaku pewaris bangsa. Kita tidak boleh menyakiti dan melukai hati dengan melakukan perbuatan menyimpang. Kita harus membuat mereka lega dan tersenyum bangga dengan cara melakukan perbuatan positif dan membangun.
Dahulu para pahlawan rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka rela tubuhnya hancur berkeping-keping demitercapainya satu tujuan yaitu Indonesia Merdeka.Banyak sekali diantara mereka yang tidak kita ketahui dan tidak mendapatkan gelar pahlawan karena gelar bukanlah tujuan mereka.
Pada era ‘kemerdekaan’ ini, masih banyak rakyat yang belum terpenuhi haknya seperti: pendidikan yang bekualitas, pelayanan kesehatan yang baik, lapangan pekerjaan yang luas, harga bahan pokok yang terjangkau, dan lainnya.Tidak sedikit penguasa yang lupa akan kewajiban dan tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat. Bahkan beberapa dari mereka malah membuat kebijakan yang menyulitkan bangsanya sendiri hanya demi kepentingan pribadi dan golongan mereka.
Para pahlawan telah mewariskan sikap – sikap yang terpuji. Pahlawan mempunyai sifat yang jujur, ikhlas, dantidak mengharapkan sesuatu yang bersifat duniawi.Seharusnya kita dapat memetik sikap–sikap tersebut untuk dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketulusan dan pengorbanan para pahlawan juga perlu dicontoh oleh generasi masa kini.Jika kita mampu mewarisi sikap para pahlawan, maka harapan bangsa ini bisa menjadi bangsa yang besar dan maju. Melalui peringatan hari pahlawan, semoga ada kesadaran dari semua elemen bangsa Indonesia agar bisabergotong royong membangun kemajuan negeri.
Selamat hari pahlawan. Semoga kita mampu untuk meneladani sikap–sikap pahlawan. Semoga segala amal dan perbuatan mereka dalam mempertahankan kemerdekaan negara tercinta ini diterima oleh Sang Maha Kuasa. (Nurdin)