(Foto/Dok. Aliansi Mahasiswa Walisongo)

SEMARANG, KABARFREKUENSI.COM - Mandataris Ketua Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Islam Negeri Walisongo Semarang Rizal Alfian Achmad walk out dari forum audiensi kedua yang merupakan rangkaian kegiatan Aksi UIN Walisongo Melawan pada Jumat (19/06). Audiensi ini dilaksanakan di Gama Candi Resto, Mijen.

Audiensi ini diwakili oleh enam orang dari perwakilan mahasiswa, mereka adalah Rubaith Burhan Hudaya (Ketua DEMA-U), Rizal Alfian Achmad (Mandataris Ketua SEMA-U), Aji (Anggota DEMA-U), Bintang Mahardika Putra Bangsa (Sekjen SEMA-FEBI), Hamdi (DEMA-FITK), Yusril Muna (Ketua DEMA-FDK) dan Ahmad Faiz Hadhiri (Ketua SEMA-FSH). Sedangkan pihak kampus diwakili oleh M. Mukhsin Jamil (WR-I), Abdul Kholiq (WR-II), Achmad Arief Budiman (WR-III), dan Adnan (Kepala Biro AAKK).

Rizal menyatakan bahwa sebelum audiensi yang kedua dilakukan, para perwakilan mahasiswa sudah bersepakat untuk sebisa mungkin melakukan audiensi di dalam kampus saja hingga kesepakatan diambil. Namun, para pimpinan kampus mengambil keputusan sepihak untuk melakukan audiensi di luar. Sehingga dengan berbagai pertimbangan, para perwakilan mahasiswa pun menyetujui hal tersebut, namun dengan syarat, jika dalam waktu satu jam pembahasan belum ditemukan titik terang, maka perwakilan mahasiswa akan meninggalkan forum audiensi.

“Kawan-kawan mahasiswa yang menghadiri audiensi itu berharap audiensi tetap dilakukan di dalam kampus, tetapi karena pimpinan sudah berada di atas, kami pun bersepakat kalau semisal dalam waktu satu jam pasca audiensi belum ditemui titik terang, maka kami akan WO,” terang Rizal ketika diwawancarai oleh kru LPM Frekuensi via Whatsapp pada Sabtu (20/06).

Rizal mengaku bahwa bukan hanya dirinya saja yang memutuskan untuk walk-out dari forum audiensi, melainkan juga Fais, Ketua SEMA-FSH. Dia hanya ingin berkomitmen dengan kesepakatan awal yang telah dibuat.

“Anggapan awal saya iya (audiensi), tetapi setelah itu saya sadar bahwa itu forum perundingan,” lanjut Rizal.

Lebih lanjut lagi Rizal menegaskan bahwa dengan walk-out yang dia dan mahasiswa lain lakukan otomatis membuatnya tidak menyepakati poin-poin yang dibacakan oleh Achmad Arief Budiman (WR-III) di depan massa aksi*). Sehingga pada Sabtu (20/06) SEMA-U merelease pernyataan sikap secara tegas menolak hasil audiensi melalui akun instagram resmi mereka, @semauinws_official. (Kabar/Ifah)

*) infografis poin-poin hasil audiensi
(Infografis/dok. pribadi)

x