(Foto/Google.com)

Semarang, KABARFREKUESI.COM - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo akan dilaksanakan secara dalam jaring (daring), mengingat masih adanya pandemi virus Covid-19 ini. Pelaksanaan teknik PPL Daring kali ini akan diadakan pada tanggal 20 Juli - 18 September 2020, dengan mitra/sekolah di daerah Kota Semarang dan Kabupaten Kendal.

“Pada prinsipnya semua secara daring, mitra/sekolah yang dapat bekerja sama di daerah Semarang dan Kendal, total ada 21 SMA/MA/SMK Negeri yang dituju” jawab Teguh Wibowo selaku panitia PPL pada saat diwawancarai Via WhatsApp, Sabtu siang (17/07).

Teguh menyampaikan alasan PPL diadakan di tempat tersebut karena semua sekolah/madrasah mitra sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak FST, sehingga lebih mudah menjalin komunikasi dengan pihak mitra. Apabila dipaksakan penempatan sekolah/madrasah di tempat tinggal masing-masing mahasiswa, tentunya tidak semua sekolah/madrasah dapat menerima karena dapat dianggap ilegal. Namun, jika dari pihak kampus yang menghubungi langsung, tentunya pihak mitra akan menerima karena pihak kampus yang langsung melakukan kerja sama dengan mitra/sekolah.

Tak hanya memberikan informasi terkait pelaksanaan PPL, namun Teguh juga menyampaikan bahwa PPL ini memberikan pembelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai kompetensi calon guru. Setelah mahasiswa mendapat ilmu teoritis, maka hal yang perlu dilakukan yaitu melakukan praktik sehingga ilmu yang telah didapat sebelumnya dapat diterapkan secara langsung.

“Proses pembelajaran bagi mahasiswa (program studi pendidikan) untuk mencapai kompetensi calon guru yang meliputi pedagonik, profesional, kepribadian dan sosial. Istilah PPL itu berbeda di setiap tempat, namun intinya adalah praktik untuk persiapan mahasiswa sesuai dengan kompetensinya. Kalau di FST ada 2 istilah PPL dan Kerja Praktik (KP). PPL untuk prodi pendidikan dan KP untuk prodi murni. Sedangkan di fakultas lain istilah PPL digunakan untuk istilah magang” tambahnya. (Kabar/Indah)