(Foto/ Dokumentasi Pribadi)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Minggu, (10/01) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Intensif Terprogram Dari Rumah Angkatan 11 (KKN MIT DR 11) Kelompok 43 UIN Walisongo Semarang mengembangkan Green House di Desa Sidomulyo, Secang, Magelang guna memperingati hari Lingkungan Hidup Nasional dan Gerakan Satu Juta Pohon. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Mahasiswa KKN berupaya mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah dalam kehidupan bermasyarakat.

Abdul Khalim Tsani, Ketua Kelompok 43 KKN MIT DR 11 UIN Walisongo Semarang menyampaikan bahwa bentuk pengabdian yang dilakukan pada kegiatan ini adalah pemanfaatan lahan kosong sebagai Green House. Mahasiswa yang kerap disapa Khalim ini menuturkan bahwa Green House tersebut sudah berdiri di desa sehingga yang mereka upayakan adalah mengembangkannya.

“Hal yang mendorong kami untuk mengembangkan Green House di desa ini yakni karena kami melihat adanya lahan pekarangan yang kosong sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pemanfaatan terhadap lahan tersebut dengan menanami sayuran yang sekiranya tidak memakan banyak lahan namun bermanfaat,” tutur Khalim saat diwawancarai di Desa Sidomulyo, Minggu (10/01).

Yetti Fatimah selaku Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sidomulyo menyatakan bahwa kehadiran Green House ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Hal ini dikarenakan pemanfaatan lahan kosong ini berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat desa, di mana hasil panennya bisa dipilah dan dijualbelikan. Selain itu, Green House dapat menjadi tempat pendidikan bagi masyarakat.

“Tujuan awal didirikannya Green House untuk memanfaatkan lahan kosong yang harapannya bisa membantu perekonomian masyarakat di Desa Sidomulyo, di mana hasil panennya bisa dikonsumsi, dipilah, dan dijualbelikan,” Jelas Yetti saat diwawancarai di kediamannya, Senin (11/01)

Di akhir wawancara, Yetti berharap dengan adanya Green House ini dapat bermanfaat bagi warga sekitar. Hal ini selaras dengan harapan Khalim, ia berharap di kemudian hari Green House dapat difungsikan sebagai pusat pendistribusian bibit kepada masyarakat agar lebih banyak lahan kosong yang dimanfaatkan. (Kabar/Kelompok 43 KKN MIT DR 11)