(Sumber : Dokumentasi pribadi/Niam)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Misi Khusus Dari Rumah (KKN-MMK DR) Prodi Biologi UIN Walisongo resmi dilepas terjun ke masyarakat pada hari Jumat (22/01/21). KKN-MMK DR merupakan program KKN misi khusus pertama kalinya di prodi Biologi. KKN-MMK ini terdiri dari dua kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 17 mahasiswa.

Muhammad A'tourrohman, perwakilan mahasiswa KKN-MMK menyampaikan bahwa Walaupun KKN-MMK ini diadakan di rumah masing-masing, semoga substansi pengabdian kepada masyarakat tetap terjaga. Mahasiswa yang kerap kali disapa Atho juga menuturkan bahwa KKN-MMK ini merupakan langkah awal untuk mengabdi kepada masyarakat secara langsung.

"Dengan adanya agenda pelepasan KKN-MMK DR Prodi Biologi ini harapannya kita semua bisa mengimplementasikan sabda Nabi SAW bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Sehingga lewat KKN-MMK DR ini kita bisa berbagi dan mengamalkan bidang ilmu Biologi secara langsung kepada masyarakat," tutur Atho dalam sambutannya (22/01). 

KKN-MMK DR Prodi Biologi dilepas secara resmi oleh Baiq Farhatul Wahidah, Kepala Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo. Dalam sambutannya Baiq Farhatul Wahidah menyampaikan bahwa KKN kali ini mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi, sehingga program kerja yang dicanangkan tetap sesuai dan sejalan dengan visi misi UIN khususnya visi dan misi Prodi Biologi.

"Dalam pelaksanaannya, KKN-MMK kali ini memang tidak sesuai dengan rencana kita sebelumnya. Namun, mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada, sehingga program kerjanya pun menyesuaikan. Program kerja harus berjalan sesuai dengan visi dan misi Prodi Biologi khususnya, selain itu juga harus bisa menciptakan program kerja yang menyenangkan, bagus, dan bermanfaat bagi masyarakat," tutur Baiq Farhatul Wahidah saat mengisi pembekalan mahasiswa KKN (22/01). 

Selanjutnya, acara pembekalan dan pelepasan KKN-MMK DR Prodi Biologi diakhiri dengan sesi foto bersama kemudian sharing time dengan kaprodi Biologi dan peserta KKN.  (Kabar/Kelompok 2 KKN-MMK)