Dokumentasi: Screenshoot Streaming Youtube DEMA UIN Walisongo

Semarang, KABARFREKUENSI.COM - 5519 Mahasiswa baru ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo tahun 2021. PBAK resmi dibuka secara simbolis oleh rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq pada Senin pagi (02/08).

Dalam pelaksanaannya, PBAK digelar secara virtual. Sebagaimana yang disampaikan dalam sambutannya, rektor UIN Walisongo menekankan agar semua mahasiswa saling menjaga dengan tidak menyebarkan penyakit agar tetap sehat.

Oleh karena itu, PBAK dilaksanakan dengan daring. Bagian dari ikhtiar kita semuanya agar sehat wal afiyat, menghindari kerumunan, menjauhi mobilitas dan meningkatkan imunitas. Karena itu jangan putus asa. Karena pelaksanaan PBAK daring ini tidak sekedar hanya untuk meningkatkan kapasitas dan keahlian kita dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga agar kita tidak gagap terhadap teknologi yang semakin canggih,” ujar Imam Taufiq.

PBAK akan digelar selama 4 hari mulai tanggal 2-5 Agustus 2021 dengan mengusung tema Wujudkan Moderasi, Perkuat Persatuan Untuk Kemanusiaan dan Peradaban. Ketua panitia kegiatan, Khoirurrazikin menjelaskan bahwa tema yang diambil merupakan implementasi UIN sebagai rumah moderasi beragama.

“Alasan mengangkat tema wujudkan moderasi perkuat persatuan kemanusiaan dan peradaban karena UIN merupakan rumah moderasi beragama sehingga dipandang perlu mengenalkan ke mahasiswa baru terkait moderasi beragama. Sekaligus mahasiswa baru bisa menerapkan sikap-sikap moderat, sikap-sikap toleran dan saling menghormati antar sesama dan siapapun,” jelas Ozi.

Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, PBAK memanfaatkan beberapa platform online yang sudah ada.

“PBAK ini dilaksanakan secara daring menggunakan beberapa media yang pertama adalah media zoom, kemudian kita juga menggunakan streaming youtube, kata Ozi.

(Kabar/ Ilham dan Laila)