(Foto: Ana)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru setiap tahunnya. Tahun ini kegiatan PBAK diikuti oleh 5519 mahsiswa baru dan dilaksanakan melalui zoom dan Youtube pada tanggal 2-5 Agustus 2021.

“Kegiatan PBAK 2021 ini akan dilaksanakan melalui zoom meeting dan live streaming melalui chanel youtube Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas dan DEMA Fakultas,” tutur Safi’i selaku ketua pantia PBAK dari unsur dosen.

Tahun ini ceremony PBAK di UIN Walisongo diisi dengan penampilan tari warog dugder  dari gandas luwes.

“Tari ini dipilih karena untuk memperkenalkan lokal wisdom dari Semarang, dimana UIN Walisongo berada,” tutur Khoirurrozikin selaku ketua panitia PBAK unsur mahasiswa.

Selain penampilan tari dari gandas luwes ada juga pembacaan deklarasi dari duta moderasi beragama. Pembacaan deklarasi diucapkan oleh perwakilan mahasiswa baru UIN Walisongo secara offline, kemudian diikuti mahasiswa baru lainnya secara online melalui platform zoom.  Deklarasi ini bertujuan untuk menjunjung tinggi moderasi beragama.

“Deklarasi laskar moderasi ini untuk menekankan bahwa kita di UIN Walisongo menjunjung tinggi moderasi beragama,” ucap Khoirurrozikin saat di wawancarai.

Cindy Eka Cahyani, mahasiswa baru program studi Kimia  menuturkan deklarasi ini penting bagi generasi milenial karena dapat menumbuhkan jiwa toleransi.

"Saya rasa deklarasi moderasi beragama penting, karena dapat mengajak generasi milenial lebih menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap siapapun, " ucap Cindy melalui WhatsApp. (Kabar/Ana dan Fitri)