(Foto/ Firman)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Salah satu buku hasil mata kuliah Jurnalistik jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo tak terdata di website Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Hal ini diketahui setelah kru kabarfrekuensi.com mengecek data ISBN buku berjudul Literasi Sains Di Era Milenial melalui laman web isbn.perpusnas.go.id pada Ahad (08/08).

Tercatat nomor ISBN buku Literasi Sains Di Era Milenial adalah 978-602-0887-97-5. Namun, hasil penelusuran nomor ISBN di website Perpusnas menunjukkan data yang berbeda dengan buku Literasi Sains Di Era Milenial.

Rokhmatin Zukhriya, mahasiswi Pendidikan Matematika yang menjadi salah satu tim penulis mengaku tidak tahu-menahu mengenai tak terdatanya buku di Perpusnas.

“Iyakah? kok bisa tidak ada ya? Saya juga tidak tahu terkait itu, soalnya saya pun malah belum dapat bukunya karena posisi masih di luar Semarang,” ungkap mahasiswi angkatan 2018 tersebut sembari menunjukkan pernyataan bernada kaget atas temuan kru kabarfrekuensi.com.

Berbeda dengan Rokhmatin, Ismi yang juga tergabung dalam tim penulis sudah pernah melakukan cek data di website Perpusnas.

“Saya pernah cek tapi tidak terdaftar,” ungkap mahasiswi Pendidikan Matematika angkatan 2017 tersebut.

Meski sudah mengetahui hal tersebut, Ismi belum melaporkan tak terdatanya buku Literasi Sains di Era Milenial di website Perpusnas.

Selain itu, kru kabarfrekuensi.com juga melakukan konfirmasi kepada Nanang Qosim, pengampu mata kuliah Jurnalistik dan ditanggapi secara positif.

“Bisa ditunjukkan ke saya ya, nanti saya konfirmasi ke penerbitnya,” kata Nanang kepada kru kabarfrekuensi.com pada Selasa (10/08). (Kabar/Firman)