Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional Kelompok 7 KKN MIT DR 13 UIN Walisongo Semarang adakan serangkaian acara di Kelurahan Podorejo. Acara yang bekerjasama dengan SDN 03 Podorejo ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang sepuluh pedoman gizi seimbang dan kebiasaan hidup bersih kepada siswa, Kamis – Jumat (27-28/1).

Melalui poster bergambar, permainan, dan lagu-lagu menjadi salah satu cara mahasiswa KKN tersebut menarik perhatian siswa-siswa SDN 03 Podorejo.

Agar mudah diingat kami mengajarkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar dengan menyayikan lagu, poster gizi seimbang, dan kuis,” tutur Liya Naurur, salah satu mahasiswa KKN.

Kelompok 7 KKN MIT DR 13 UIN Walisongo Semarang juga melakukan pengecekan status gizi  siswa SDN 03 Podorejo secara bertahap, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada siswa yang stunting, obesitas, kekurangan gizi, dan permasalahan gizi lainnya. Selanjutnya hasil pemeriksaan tersebut diberikan ke pihak sekolah untuk dipantau perkembangan kedepannya.

“Pengecekan gizi siswa dilakukan sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional 2022, yaitu cegah stunting dan obesitas,” Jelas Ilma Ulya, mahasiswa program studi Ilmu Gizi.

Tidak hanya kepada siswa, pengecekan kesehatan juga dilakukan kepada Guru SDN 03 Podorejo. Pengecekan kesehatan tersebut meliputi tekanan darah, gula darah, dan asam urat. Guru di SDN 03 Podorejo sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti dengan banyak dari guru-guru tersebut konsultasi kesehatan kepada mahasiswa KKN yang merupakan mahasiswa Ilmu Gizi.

“Pengecekan kesehatan guru dilakukan karena hal-hal tersebut sering disepelekan padahal kesehatan tersebut termasuk hal yang krusial,” jelas Sulis Fitriana, mahasiswa program studi Ilmu Gizi.

Setelah pengecekan kesehatan guru dan siswa, mahasiwa KKN membagikan puding buah untuk siswa dan bubur sumsum untuk guru.

Untuk menambah antusias siswa dalam mengikuti runtutan acara memperingati Hari Gizi Nasional, Kelompok 7 KKN MIT DR 13 UIN Walisongo Semarang mengadakan jalan sehat, lomba menghias bekal sehat dengan komposisi gizi seimbang, dan pembagian doorprize. Dengan rute jalan sehat yang tidak jauh, siswa kembali ke sekolah dengan membawa nomor undian doorprize yang telah dibagikan oleh mahasiswa KKN di depan gerbang sekolah. Setelah semua siswa berkumpul di lapangan, mahasiswa KKN mulai membagikan doorprize dan pengumuman juara lomba meghias bekal sehat.

“Aku senang diajak jalan-jalan sama mbak-mbak dan mas-mas KKN, aku juga dapat doorprize dua susu kotak,” ucap Cindy, salah satu siswa kelas 5 SDN 03 Podorejo. (Kabar/Muhammad Faqih)