(Sumber: Dokumentasi pribadi)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM- Selasa (11/07/2023), LP2M UIN Walisongo Semarang mengadakan pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional ke Vietnam dan Malaysia serta KKN Nusantara ke Tanah Toraja. Dua belas mahasiswa UIN Walisongo mengikuti KKN Internasional dan dua mahasiswa mengikuti KKN Nusantara. Kegiatan pelepasan KKN internasional dilaksakan di ruang sidang lantai 4 gedung KH. Sholeh Darat.


Acara pelepasan dibuka oleh sekertaris LP2M UIN Walisongo, Dr. H. Mokh Sya’roni, M.Ag. "Mahasiswa KKN internasional UIN Walisongo ini merupakan duta-duta walisongo yang selalu menebar kedamaian dan moderasi beragama. Selama KKN saya berharap kegiatan yang dilakukan mengedapankan islam yang rahmatal lil alamin. Harapannya mahasiswa dapat berbaur dan memberikan program-rogram yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar tempat KKN," ujar Sya'roni. 


“KKN Internasional tahun ini merupakan pioner, mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dikancah internasional. Tim LP2M dan International Office UIN Walisongo sudah bekerja keras demi terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat. Saya berharap mahasiswa dapat menjaga nama UIN Walisongo melalui pengabdian dalam kegiatan KKN internasional," imbuhnya.


Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat UIN Walisongo, Dr. M. Rikza Chamami, M.SI. menyampaikan bahwa kegiatan KKN tidak hanya berupa pengabdian, tetapi output-nya juga dalam bentuk artikel ilmiah. 


“Harapannya mahasiswa bisa menjaga nama baik UIN Walisongo di dunia nyata maupun dunia maya. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk penyampaian kegiatan KKN. KKN Internasional juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang kompeten sehingga tidak hanya pengabdian internasional tetapi juga harapannya output dalam bentuk artikel ilmiah," jelas Rikza.


Sebelum pelepasan KKN Internasional LP2M memberikan pembekalan yang berisi materi kultur budaya dan materi sepenulisan surat persiapan keberangkatan mahasiswa. Kegiatan KKN internasional Malaysia akan dilaksakan di Selangor sedangkan KKN internasional Vietnam dilaksakan di Hanoi mulai tanggal 13 Juli- 10 Agustus 2023.


(Kabar/Azkiyatun Danifatussunah)