Mualim Berbagi Cara Pengembangan Ikon Daerah

(Foto/ Diah)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Seminar kewirausahaan bertema "Menjadi Wirausahawan Muda yang Kreatif dan Inovatif" sukses diselenggarakan di Aula Q Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, kamis (10/5). Acara ini diadakan oleh Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) UIN Walisongo yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika UIN Walisongo. Mereka menghadirkan dua pembicara yakni Muhammad Faizal Hidayat selaku Owner Its Milk Indonesia dan Mualim selaku Owner Banyong Union Crispy.
Mualim mencontohkan beberapa aspek pada pengembangan ikon daerah Brebes. Pertama, aspek di bidang kuliner, mahasiswa dapat menginovasikan produk telur asin dan bawang merah melalui varian rasa. Kedua, Aspek di bidang pariwisata, mahasiswa dapat menginovasikan konsep kampung pelangi yang ada di Brebes menjadi kampung berkonsep telur asin maupun bawang merah. Ketiga, aspek di bidang kerajinan dan budaya, mahasiswa dapat menginovasikan kerajinan batik dan keramik dengan motif telur asin maupun bawang merah.
Di akhir pemaparan, Mualim menyatakan bahwa dalam memulai usaha tidak harus memikirkan hal yang rumit. Mahasiswa bisa memulai usaha dengan menggali dan mengembangkan potensi daerahnya masing-masing.
"Untuk mengembangkan ikon suatu daerah, hal terpenting adalah wawasan kita yang bisa didapatkan dari mana saja," pungkasnya. (Kabar/ Diah)