(Foto/ Adila) 

SEMARANG KABARFREKUENSI.COM - Pekan Olahraga Saintek IV (POS IV) telah resmi dibuka pada hari Rabu (10/4) oleh wakil dekan II Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Ismail. Agenda di hari pertama POS IV adalah babak penyisihan futsal putra dan putri yang diikuti oleh empat tim dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di FST, yaitu HMJ Biologi, HMJ Fisika, HMJ Kimia, dan HMJ Matematika. Pertandingan ini dilaksanakan di Lapangan kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Babak Penyisihan Futsal Putri

Babak penyisihan futsal putri dimulai pada pukul 15.00 WIB dan diawali dengan pertandingan antara HMJ Fisika melawan HMJ Kimia yang dipimpin oleh Fiul sebagai wasit. HMJ Kimia mencetak gol cepat pada menit ke-2 pertandingan. Gol ini dicetak oleh Anggi. Hingga pertandingan usai, HMJ Fisika tidak dapat menyamakan skor hingga membuat HMJ Kimia melaju ke final dengan skor akhir 1-0. 

Sementara itu, pertandingan antara HMJ Matematika melawan HMJ Biologi hingga babak akhir selesai tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. HMJ Matematika keluar sebagai pemenang setelah Syarof, pemain HMJ Matematika mencetak gol kemenangan dengan skor akhir 1-0. Itu artinya, HMJ Matematika akan melawan HMJ Kimia pada pertandingan final futsal putri.

Babak Penyisihan Futsal Putra

Babak penyisihan futsal putra diawali dengan pertandingan antara HMJ Matematika melawan HMJ Biologi. Kedua tim menyajikan permainan cepat dan saling serang. HMJ Matematika unggul pada menit ke-11 melalui gol yang dicetak oleh Fiul. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk HMJ Matematika. Babak kedua, HMJ Biologi berusaha menyeimbangkan skor melalui Indra, tapi masih mampu ditepis oleh pemain lawan. Hingga pertandingan berakhir, HMJ Biologi tidak dapat menyeimbangkan gol dan membuat HMJ Matematika melaju ke babak final.

Pertandingan selanjutnya, mempertemukan HMJ Fisika dengan HMJ Kimia. Pertandingan berlangsung panas sejak awal pertandingan dibuktikan dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi. Pada menit ke-9 HMJ Kimia unggul melalui gol yang dicetak oleh Nugroho. Namun, tidak berselang lama, HMJ Fisika dapat menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Rama melalui tendangan bebas. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, permainan kedua tim semakin panas, Rama yang pada babak pertama telah mendapat satu kartu kuning, akhirnya mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar salah satu pemain HMJ Kimia dan membuatnya harus mendapatkan kartu merah. Unggul dalam hal jumlah pemain, akhirnya HMJ Kimia dapat mencetak gol kemenangan melalui Imron. Skor akhir 1-2 untuk kemenangan HMJ Kimia. HMJ Kimia akan menghadapi HMJ Matematika di final futsal putra.

Pertandingan final futsal putri maupun putra nantinya akan dilaksanakan pada hari Senin (15/4) di tempat yang sama dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sebelum pertandingan final, akan dilaksanakan pertandingan perebutan juara III antara HMJ Fisika dengan HMJ Biologi baik untuk tim putra maupun putri pada pukul 13.00 WIB. (Kabar/ Liya)