Workshop Public Speaking oleh HMJ Fisika yang diselenggarakan di gedung Q-3 lantai 1 Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Sabtu (13/4). (Doc. Panitia) 

Semarang KABARFREKUENSI.COM - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Workshop Public Speaking yang bertajuk Explore Your Ability To Be A Good Speaker, Sabtu (13/4). Workshop yang diadakan di gedung Q-3 lantai 1 kampus 2 ini menghadirkan Jojo Dhewaskara selaku broadcaster dan Penyiar Radio RCT FM Semarang sebagai pemateri. 

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa maupun pelajar dari Kota Semarang ini dimulai dengan sambutan dari Taufiq Fathurrozi selaku ketua panitia. Ia menyampaikan bahwa diadakannya Workshop Public Speaking ini bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum. 

"Diadakannya workshop ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kita dalam berbicara di depan umum," ucap ketua panitia tersebut. 

Muhammad Faiz Najmuddin selaku Ketua HMJ Fisika periode 2019 juga menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Faiz berharap dengan adanya workshop ini dapat memberikan manfaat dalam bentuk apapun.

Memasuki acara inti, Jojo memaparkan bahwa manfaat Public Speaking salah satunya guna menyampaikan ide atau pemikiran dengan efektif dan respektif. Ia menyayangkan jika seseorang mempunyai ide brilliant, tetapi cara penyampaian kepada publik biasa saja. Ia juga menekankan kepada audiences bahwa pada saat presentasi yang menjadi pusat perhatian adalah diri sendiri bukan Power Point (PPT) ataupun makalah.

"Percuma saja ketika punya ide yang brilliant atau luar biasa, tapi penyampaiannya biasa-biasa saja," Ujar Jojo. 

Di akhir penyampaian Jojo memberikan saran kepada audiences bahwa mereka harus  belajar percaya diri untuk berbicara di depan umum. Dan mempunyai idola presenter yang dapat dicontoh cara penyampaiannya. Pun ditunjang dengan sering membaca dan memperluas wawasan. (Kabar/ Elly)