Ilustrasi google.com

Film Dangal diambil dari kisah nyata Mahavir Singh Phogat yang diperan kan oleh Amir Khan. Seorang pegulat India yang pernah menjadi juara nasional, namun, tidak melanjutkan ke tingkat internasional. Ia berharap anak laki-lakinya akan melanjutkan mimpinya. Namun ternyata, istri Mahavir tidak melahirkan anak laki-laki. Sangat disayangkan jika mimpi tersebut tidak ada yang melanjutkan.
Sempat putus asa, Mahavir akhirnya melatih kedua putrinya, Geeta dan Babita untuk bergulat. Terlihat dari raut wajah Mahavir, ia melatih putrinya dengan semangat. Namun sebaliknya, Geeta dan Babita malah melakukan peberontakan. Sampai suatu ketika, teman Geeta dan Babita mengingatkan bahwa ayah mereka sebenarnya memikirkan masa depan mereka, tapi mereka tidak menyadari hal itu.
Atas kegiggihannya,  Geeta bisa mendapatkan medali emas ditingkat nasional. Geeta pun berlatih dengan pelatih baru dan ditempat yang baru. Geeta jauh dari pengawasan ayahnya sehingga Geeta menyepelekan nasehat-nasehat dari ayahnya. Hal tersebut membuat Geeta gagal dalam semua pertandingan gulat.
Setelah berkali-kali gagal dalam pertandingan gulat, Geeta akhirnya meminta maaf kepada ayahnya. Dengan semangat kembali, ayahnya melatih Geeta dan mulai member Geeta nasehat. Geeta pun mulai semangat. Dan dipertandingan berikutnya, Geeta mendapatkan emas untuk India.
Disetiap adegan, gaya Aamir Khan mendidik putrinya begitu mengesankan. Setiap Aamir Khan muncul, gaya seorang bapaknya muncul dengan sangat kharismatik. Sehingga dapat mengingatkan kita sosok seorang ayah dirumah. Dalam film tersebut, kita akan melihat betapa kerasnya latihan bergulat. Apalagi dilakukan oleh anak perempuan seperti Geeta dan Babita.
Dangal merupakan salah satu film terbaik pada masanya. Pemerannya begitu mendalami peran sehingga penonton terbawa suasana. Walaupun film ini bergenre action,film ini disisipkan humor agar pennonton tidak selalu merasa tegang. Dangal telah menginspirasi ribuan wanita India untuk menjadi pegulat.


Judul Film     :Dangal
Jenis Film      :Action
Produser        :Aamir Khan
Sutradara       :Nitesh Tiwari
Rilis                :Desember 2016
Produksi         :Aamir Khan
Durasi             :02: 41: 01
Pemain           :Aamir Khan, Sakshi Tanwar, Fatima Sana Shaikh, Sanya Malhotra, Zaira   
 Wasim, Suhani Bhatnagar
Peresensi        :Naila Daris Salamah