Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Genesa Fakultas Sains dan Teknologi akan menyelenggarakan pentas teater produksi ke-2 yang bertajuk Kisah Cinta dan Lain-Lain pada 27 Desember 2019 di Audit 1 Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN)Walisongo Semarang. Pementasan teater tersebut merupakan serangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun UKM Genesa ke-3.
Untuk menyukseskan acara tersebut, UKM Genesa telah melakukan persiapan sejak satu bulan yang lalu. Sampai saat ini persiapan telah mencapai tahap latihan setelah sebelumnya diadakan reading. Tahap pertama yaitu pemilihan naskah. Pemilihan naskah sendiri harus disesuaikan dengan jumlah pemain. Menurut salah satu anggota Genesa, Khaerul Ashabi naskah yang dipilih mesti sesuai dengan banyak sedikitnya pemain.
Cari naskah yang memang tepat untuk orang yang tersedia. Produksi pertama orangnya minim jadi kita cari naskah yang orangnya minim juga. Sekarang karena anak barunya banyak jadi kita cari naskah yang dapat melibatkan banyak orang,tutur Ashabi saat diwawancara di Taman Jati pada Kamis, (19/12).
Menurut pemain lain yaitu Inayah, Genesa kali ini mengadopsi salah satu naskah karya Arifin C. Noer yang disutradarai oleh Muhammad Sudrajat selaku lurah Genesa. Pemilihan naskah ini dikarenakan jumlah pemain yang mencukupi.
Setelah pemilihan naskah langkah selanjutnya yaitu reading untuk karakter. Reading merupakan pembacaan naskah oleh pemain secara bersama-sama. Pembacaan naskah ini bertujuan untuk menentukan pemain yang layak memerankan tokoh yang ada dalam cerita.
Reading dilakukan untuk menentukan kecocokan karakter tokoh dan pemain. Setelah reading dan pemilihan pemain, langkah selanjutnya dilakukan latihan perbabak,” ungkap Inayah.
Sebelum latihan dimulai, para pemain diharuskan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan terdiri dari olah tubuh dan olah suara. Olah tubuh berupa latihan fisik seperti push-up, sit-up, dan lari. Hal itu dilakukan untuk melatih pernapasan para pemeran. Latihan biasanya dilakukan setiap hari, tepatnya setelah isya sampai tengah malam.(Kabar/Bulan)