(Foto/ Dokumen Pribadi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kreativitas masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Intensif Terprogram (KKN MIT) 9 UIN Walisongo Semarang Posko 04 mengadakan pelatihan pembuatan detergen bersama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.
Kegiatan ini berlangsung di rumah ibu Muslihah salah satu warga RT 04 RW 02 pada hari Rabu (2/2) pukul 15.00 WIB. Pemateri dalam acara ini ialah Indah Vila Hidayati, mahasiswi UIN Walisongo Prodi Pendidikan Kimia sekaligus anggota KKN Posko 04.
“Pembuatan detergen ini cukup ekonomis hanya memerlukan biaya sebesar Rp. 40.000 untuk satu paket bahan. Ini dapat menghasilkan sebanyak 10 liter detergen cair.” tutur Indah.
Koordinator posko 4 Kelurahan Jabungan KKN MIT 9 UIN Walisongo Nur Salim mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan tingkat produktifitas dan kreatifitas warga.
“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga dapat lebih produktif dan kreatif, manfaatnya pun juga banyak. Warga jadi bisa menghemat pengeluaran dan bahkan jika lebih warga juga bisa menambah hasil pemasukan mereka melalui penjualan dari produk buatan mereka ini. Ungkap Nur Salim.
Salah satu warga, Maryatun mengungkapkan dirinya turut senang karena mendapatkan pengalaman baru dengan adanya pelatihan pembuatan detergen ini.
“Senang sekali adanya pelatihan ini. Ada pengalaman baru untuk warga Jabungan.” Ujar Maryatun. (Kabar/ Salim & Ani)