(Foto/Hadi)


Semarang, KABARFREKUENSI.com - Perangkat Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari Rumah (RdR) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Kelompok 57, ibu-ibu PKK, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) mengadakan operasi dan pembagian masker di depan SDN 02 Bendosari, Kamis (15/10/2020).

Khosikin, Kepala Desa Bendosari mengatakan bahwa aksi sosial ini merupakan ikhtiar dalam upaya mencegah Covid-19. Dia menegaskan bahwa semua warga harus memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan. Hal ini mengingat salah satu faktor utama tingginya kasus penularan Covid-19 lantaran tidak memakai masker.

"Saat ini adaptasi kebiasaan baru mulai diterapkan, meskipun begitu masyarakat harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan," ucap Khosikin.

Hadi selaku Kepala Urusan Desa Bendosari menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada warga serta menerangkan kepada pengguna kendaraan agar selalu memakai masker ketika keluar dari rumah agar dapat memberantas wabah COVID-19.

Tujuan dari kegiatan operasi masker tersebut adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingya mematuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker, terang Hadi.

Jaelani, anggota Babinsa mengatakan bahwa setiap warga yang lupa dalam memakai masker akan dikenai sanksi tertentu.

Sanksi yang dikenakan berupa sanksi ringan seperti teguran lisan, mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu wajib atau pun sanksi fisik berupa push up,ucap Jaelani.

Kegiatan ini untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya warga Bendosari mengingat masih banyaknya masyarakat yang masih lalai dalam menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah.

"Adanya sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyak masyarakat yang belum tahu tentang pentingnya menggunakan masker," tambah Hadi. (Kabar/Eko Ardianto*)

*Mahasiswa KKN Reguler dari Rumah 75 Kelompok 57