Semarang, KABARFREKUENSI.COMHari pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021, mahasiswa baru diperkenalkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kegiatan yang diberi nama Expo UKM ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom  pada Senin siang (02/08). Expo UKM diisi dengan menayangkan 18 video pengenalan masing-masing UKM yang berdurasi 2-3 menit.

“Ada 18 video yang durasinya berkisar 2-3 menit, yang terdiri dari 16 UKM tahun lalu dan 2 UKM persiapan, yaitu Pagar Nusa dan Taekwondo,” ujar Ketua Panitia PBAK Khoirurrozikin di auditorium 2 pada saat diwawancarai. 

Khoirurrozikin juga mengungkapkan dengan adanya video pengenalan UKM, diharapkan mahasiswa baru bisa tertarik untuk bergabung dengan beberapa UKM yang ada.

“Harapannya video yang ditampilkan tidak hanya dinikmati saja, tetapi bisa menjaring mahasiswa baru yang memiliki minat dan bakat di UKM yang sudah disahkan UIN Walisongo Semarang,” ungkap Khoirurrozikin.

Setelah Expo UKM usai, mahasiswa baru diwajibkan mendaftar UKM yang diminati. Nantinya panitia akan memberikan google formulir pendaftaran UKM yang harus diisi oleh mahasiswa baru. Data ini kemudian diberikan dan ditindaklanjuti oleh UKM yang bersangkutan.

Almas, mahasiswa baru dari program studi Kimia mengungkapkan ketertarikannya pada salah satu UKM yang telah dikenalkan melalui Expo ini. Ia berpendapat bahwa Expo UKM dengan menayangkan video sangat bagus karena situasinya dilakukan secara online.

“Expo UKM melalui penayangan video sudah bagus dan maksimal karena situasinya juga online, saya menjadi tertarik untuk mengikuti salah satu dari UKM yang dikenalkan,” ucap Almas. (Kabar/Irvan)