sumber gambar: dokumentasi pribadi

 

Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 38 Mandiri Inisiatif Terpadu (MIT DR-13) UIN Walisongo Semarang menggelar pelatihan kerajinan pada 13 Februari 2022. Beberapa jenis pelatihan dilaksanakan, yakni pelatihan pembuatan kursi dari botol bekas hingga pembuatan lilin aromaterapi. Kegiatan dilaksanakan dengan jumlah peserta 20 orang yang berasal dari karang taruna.

Ketua KKN kelompok 38 sekaligus pelatih pembuatan kursi, Harun, mengatakan sasaran awal kegiatan ini memang untuk pemberdayaan pemuda karena dirasa cocok dan bisa dikembangkan dalam jangka panjang.

"Dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kreativitas para pemuda, meningkatkan ekonomi masyarakat serta menyelamatkan lingkungan. Mengingat pembuatan kursi ini dari bahan bekas, jadi kita sadar lingkungan, daripada botol tersebut dibuang dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis," ujarnya.

Adapun pelatihan selanjutnya yaitu pembuatan lilin aromaterapi. Indah, sebagai pelatih utama mengungkapkan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi untuk para pemuda itu sesuai dengan kreatifitas mereka yang pada dasarnya mencintai sesuatu yang berbau estetika, keindahan, atau kecantikan. Selain fungsional dan memiliki nilai jual lilin aromaterapi juga bisa dibuat untuk mempercantik sebuah ruangan.

"Fungsi dari lilin aromaterapi sendiri itu untuk refreshing, insomnia, mengurangi stress, dan untuk  hiasan pada kamar. Selain itu dapat menjadi peluang usaha yang bisa dikembangkan karena proses pembuatannya yang mudah, tidak membutuhkan waktu lama, serta tidak membutuhkan bahan yang cukup banyak sehingga nilai ekonomisnya bisa terbilang lumayan".

Dilanjutkan tanggapan dari salah satu peserta yang mengikuti pelatihan, Santi mengatakan bahwa pelatihan yang diadakan bagus, dengan adanya pelatihan itu jadi lebih termotivasi dan menciptakan hal-hal yg baru seperti membuat kursi dari limbah botol plastik sangat kreatif dan berdampak positif bisa mengurangi sampah plastik dan membuat lilin aromaterapi jugaa bisa menjadi ide jualan jadi bermanfaat bagi orang-orang yg mau buka usaha buat mencoba hal-hal baru. (Kabar/Rohmatin)