(Gambar: Dokumentasi Panitia)

Semarang, KABAR FREKUENSI.COMHimpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan Editing Training of Chemistry (ETC) atau Pelatihan Desain Grafis pada Minggu (19/06). Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Eksitasi Diri Melalui Pelatihan Desain Grafis dan Teknik Editing Guna Mendigitalisasi Skill di Era Society 5.0”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting menghadirkan pemateri dari Relawan TIK Indonesia sekaligus Tim Komunikasi Publik KPCPEN dan 45 peserta yang bergabung, baik dari ranah kampus maupun luar. Pada pelaksanaannya, pelatihan ini berfokus dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW.

Menurut Nia Indriyani, ketua HMJ Kimia UIN Walisongo, tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk memberikan bekal dan mengembangkan softskill editing dalam aplikasi CorelDRAW.

Pelatihan desain grafis secara resmi dibuka oleh Atik Rahmawatiketua jurusan Kimia. Dalam sambutannya menyampaikan terkait pentingnya pelatihan serta memberikan harapan.

“Keterampilan dalam hal mendesain sangat penting untuk dilaksanakan di era digital ini, dengan adanya ETC menjadi salah satu wadah yang tepat untuk dikembangkannya skill tersebut. Sehingga harapan saya, peserta dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini dan menghasilkan desain yang barkualitas,” ujar Atik.

Bahrudin, selaku pemateri, menyampaikan terkait pengenalan tools-tools pada CorelDRAW dan pengaplikasiannya. Selain itu, Bahrudin juga memberikan tips agar mahir dalam desain.

“Apapun software aplikasi yang kalian gunakan untuk mendesain, kuncinya adalah kita mengetahui tools-tools nya terlebih dahulu, baik itu dalam aplikasi CorelDRAW atau yang lainnya. Setelah kita mengetahuinya, untuk menghasilkan desain dalam jangka waktu yang cepat harus menghafal shortcut apa saja yang dapat berfungsi pada aplikasi tersebut, tujuannya untuk memudahkan kita dalam mendesain,” tutur Bahrudin mengakhiri diskusi.(Kabar/Nadia)