(Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM –Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2022 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo hari kedua yang dilaksanakan Kamis (4/8) berfokus pada penyampaian materi-materi dasar seperti Tri Etika Kampus, sistem perkuliahan, tata kelola ormawa, pengembangan literasi, dan orientasi jurusan. Mahasiswa baru sesuai program studi masing-masing diarahkan ke ruang kelas di kampus 3 UIN Walisongo. Penyampaian materi-materi ini didampingi langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarang dan dosen-dosen yang ahli di bidangnya. 

Ketua panitia PBAK 2022, Dannie, menuturkan bahwa mahasiswa baru dirasa perlu mendapatkan materi-materi tersebut sebagai fondasi dalam menjalani perkuliahan di UIN Walisongo.

“Hari ini, mahasiswa baru diajak berta’aruf kepada kampus agar bisa mengenal apa-apa saja yang ada di kampus, baik secara umum maupun secara rinci,” jelas Dannie.

Menurut Dannie, tujuan PBAK hari kedua secara umum adalah untuk memperkenalkan kultur perkuliahan di UIN Walisongo.

“Materi-materi yang sudah didapatkan secara umum akan digeneralkan lagi ke masing-masing fakultas, karena fakultas juga memiliki ciri khasnya masing-masing,” papar Dannie.

Dannie berharap, mahasiswa baru bisa menemukan karakteristik di masing-masing fakutas serta lebih mempunyai pandangan tentang apa yang akan mereka hadapi di perkuliahan. Karena nantinya, kegiatan para mahasiswa baru ini pasti akan berjalan berkesinambungan dengan ormawa, kurikulum, dan para dosen.

“Materi yang telah didapatkan diharapkan dapat menjadi bekal bagi maba selama menjalani perkuliahan,” tutur Dannie.

PBAK hari kedua diakhiri dengan sorak-sorai dari setiap fakultas selama perjalanan menuju gerbang kampus tiga. Setiap fakultas mengantarkan para mahasiswa barunya masing-masing sambil meneriakkan yel-yel yang terus dinyanyikan sepanjang perjalanan menuju gerbang.

Meski pelaksanaannya lebih banyak berada di dalam ruangan, para mahasiswa baru tetap merasa antusias mengikuti PBAK hari kedua ini.

“PBAK hari ini seru, saya jadi lebih bisa mengenal kampus, lebih tahu apa yang akan saya pelajari nantinya karena tadi kakak tingkat juga sempat sharing pengalamannya selama kuliah,” ujar Iqfal, salah satu mahasiswa baru Fakultas Sains dan Teknologi, prodi Biologi. (Kabar/Salsabila)