(Foto Dokumentasi Pribadi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM- Himpunan Jurusan(HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST)  UIN Walisongo adakan Biofest (Biologi Festival) selama dua hari(17/18). Seluruh mahasiswa biologi berpartisipasi dalam acara Biofest  ini.

Berbagai serangkaian acara berlangsung termasuk Expo bazar yang diselenggarakan di halaman gedung FST dan FITK.Di hari pertama, stand baza dilaksanakan di halaman gedung fakultas IsDB FST yang terpaksa dibubarkan lebih awal akibat adanya hujan angin. Di Hari kedua Biofest diselenggarakan di lobi FST hal tersebut mengakibat terjadinya perubahan tempat stand bazar, yang semula dilakukan di halaman gedung fakultas berpindah ke dalam lobi FST karena ada himbauan mendadak dari Dekan FST dan FITK bahwa hari ini(18/11/2022) ada akreditasi dari pihak FITK sehingga halaman perlu disterilkan. Hal tersebut menjadi kesulitan bagi tersendiri panitia untuk menyiapkan lokasi baru.

Selain itu, ada beberapa peserta yang lebih memilih untuk tidak mengikuti Bazar Biofest karena takut rugi atau  penduduk kelas yang dominan menjadi anggota HMJ. mahasiswa yang tidak berpartisipasi mungkin belum terlalu paham tentang output yang akan didapatkan kalau mengikuti bazar ini.

Ketua panitia Biofest 2022 Eughenia Belkaaf atau yang sering disapa Egi mengatakan Expo bazar ini bertujuan agar partisipan bisa berkreasi dengan meningkatkan potensi-potensi kreativitas biologi mereka di dunia Bio Entrepreneur Selain menginginkan kelas yang berpartisipasi balik modal, bazar juga dinilai oleh juri untuk memilih stand terbaik.  Inti dari penilaian bazar adalah kebersihan, keunikan menu, dan kreativitas peserta.

"Tidak ada teknis khusus dalam bazar ini. Mahasiswa hanya menjual menu-menu yang berkaitan dengan biologi dan memamerkan kreativitas mereka. Teknis bazar diadakan dari pagi sampai siang, Berbagai menu unik yang dijual oleh para peserta dengan menggunakan istilah ilmiah, seperti Musa sp. Crispy, Ice Asplenium nidus, dan banyak menu unik lainnya," Ujar Egi.

"Semoga kepengurusan selanjutnya dan teman-teman yang lain bisa lebih mengeksplorasi lebih dalam mengenai core of the core nya biologi kedepannya. Jadi tidak saklek di dunia perkuliahan saja. Mungkin setidaknya kita sebagai mahasiswa biologi lebih mengetahui basic kita apa dan pengaplikasiannya ke arah apa saja," tambah Egi.(Kabar/Berliana dan Manan)