(Sumber : Dokumentasi pribadi


Semarang, KABARFREKUENSI.COM- Lebih dari 4.700 Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengikuti acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, pada tanggal 4 hingga 6 Agustus 2023 dengan mengusung tema "Peduli Lingkungan untuk Kemanusiaan". 


Kegiatan PBAK merupakan program tahunan kampus UIN Walisongo yang diadakan guna menyambut mahasiswa baru atau sapaan yang akrab Generasi Walisongo (Genwa).


"Persiapan kita kurang lebih dua sampai tiga bulan," tegas M. Anang Ma'ruf selaku ketua panitia ketika di wawancarai oleh Tim Redaksi LPM Frekuensi terkait persiapan kegiatan PBAK.


Anang juga menambahkan, bahwa terdapat hal yang membedakan PBAK tahun ini dari tahun kemarin. Perbedaan ini terletak pada peletakan panggung dan formasi parade budaya dengan tujuan untuk mengutamakan kenyamanan mahasiswa baru.


Rangkaian kegiatan PBAK pada hari pertama meliputi upacara pembukaan secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong oleh rektor UIN Walisongo Semarang, penampilan maskot fakultas, paper mob, orasi ilmiah, dan penyampaian materi untuk pengenalan kampus.


Kegiatan ini disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi oleh mahasiswa baru karena pada orasi ilmiah kali ini menghadirkan Najwa Shihab sebagai orator.


Dalam penutup orasi ilmiah, Najwa Shihab memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa baru untuk terus bergerak dan beraksi.


"Pengalaman yang kalian dapatkan, memori yang akan kalian jalin, jejaring yang akan kalian bentuk, skill yang akan dilatih, pemahaman yang akan kalian raih, itu kuliah. Kuliah itu seperti membeli situasi adik-adik. Situasi yang akan mendorong kalian untuk diskusi, untuk bergerak, dan beraksi," ungkap Najwa Shihab.


(Kabar Firda Annisah Zuhrufah)