(Sumber : Dokumentasi pribadi


Semarang, KABARFREKUENSI.com - Mahasiswa Baru Fakultas Sains dan Teknologi mengikuti serangkaian acara PRA-PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) dan beberapa ruang Gedung IsDB Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Kamis (3/8). Acara tersebut bertujuan menyampaikan beberapa informasi terkait acara PBAK yang akan diselenggarakan pada tiga hari yang akan mendatang.


Rangkaian acara tersebut diawali dengan apel pagi yang dilaksanakan di GSG, penyampaian Orientasi Jurusan (ORJUS) yang disampaikan oleh beberapa perwakilan dari organisasi Himpunan Jurusan di Fakultas Sains dan Teknologi yang diselenggarakan di beberapa ruang Gedung IsDB FST, dan oenyampaian materi tentang “Gender” yang disampaikan oleh Leni selaku perwakilan dari Lembaga LRC KJHAM (Legal Resource Center untuk Keadilan Jender Hak Asasi Manusia).


Dalam acara penyampaian materi Orientasi Jurusan, mahasiswa baru dibagi menjadi sembilan belas kelompok yang nantinya akan didampingi oleh Penanggung Jawab (PJ) kelompok. Kemudian mereka akan diberi materi oleh beberapa perwakilan organisasi himpunan. Materi yang disampaikan mengenai pengertian, struktur, anggota dan, program kerja. Hal tersebut bertujuan supaya mahasiswa baru lebih mengenal organisasi himpunan yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi. 


 “Kami menyampaikan pengertian dari organisasi, struktur anggota organisasi, dan program kerja organisasi,” tegas Salisa salah satu perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Informasi (TI). 


Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh Zaki Naufal Hanif selaku Ketua Panitia PBAK Fakultas Sains dan Teknologi yang mengatakan, “Bahwa adanya penyampaian orientasi jurursan bertujuan untuk Mahasiswa Baru mengenal tentang Organisasi Himpunan yang berada di Fakultas Sains dan Teknologi".


Zaki menambahkan diharapkan kedepannya Mahasiswa Baru Fakultas Sains dan Teknologi tahun 2023 semakin kreatif, produktif, dan bisa membanggakan Fakultas Sains dan Teknologi.


“Harapan saya tahun ini mahasiswa baru semakin kreatif, produktif, dan bisa membanggakan fakultas sains dan teknologi, " pungkas Zaki. 


(Kabar Fatikhatul Maulidatunnisa dan Amalia Arkana)