(Sumber: Dokumentasi pribadi) 


Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Hari ketiga PBAK UIN Walisongo kembali digelar di Lapangan Utama. Puncak acara hari ini ialah penutupan PBAK Universitas pada pukul 09.00 WIB. (06/08/2023).

Dengan menghadirkan Kolonel Inf. Slamet Riyanto yang merupakan Staff Ahli Politik Pangdam IV sebagai pemateri di acara penutupan PBAK Universitas kali ini. Beliau memaparkan tentang orasi kebangsaan. Harapan beliau para mahasiswa baru dapat menjadi pemuda yang bisa menjaga kehormatan dan kebanggan untuk negara. 

"Harapan saya yang pertama, jaga kehormatan dan kebanggaan negara," ujar Kolonel Inf. Slamet Riyanto

Dalam penyampaian materi, Kolonel Inf. juga mengatakan secuil kata tentang kesuksesan untuk memotivasi para mahasiswa baru. "Jika kita ingin sampai ke puncak jangan berhenti untuk mendaki, kesuksesan bukan seperti naik lift tetapi seperti naik tangga," ujar Kolonel .

Menurut Anang Ma'ruf selaku Ketua PBAK 2023, terpilihnya tema orasi kebangsaan ini karena para pemuda dapat memberikan konstribusi lebih untuk bangsa Indonesia. Menurutnya tema ini sangat penting untuk mahasiswa baru. 

"Salah satunya penting kita harus bicara tentang kebangsaan, dimana kita bisa memberikan kontribusi lebih kepada bangsa kita sendiri entah itu lewat prestasi atau sebagainya ke kancah nasional maupun internasional," jelas Anang

Kemudian acara selanjutnya ditutup oleh Wakil Rektor III, Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag. Beliau mengatakan kepada Generasi Walisongo (GENWA) 2023 untuk senantiasa semangat dalam berproses menjadi mahasiswa baru di UIN Walisongo. 

"Kami berharap dilakukan dengan penuh semangat dalam mengkaji dan mencari ilmu," ujar Wakil Rektor III

Setelah penutupan PBAK 2023, dilanjut dengan pemberian awarding kepada GENWA 2023.  Kategori penghargannya berupa lomba tiktok challenge terbaik dan tiktok challenge terfavorit. 


(Kabar Rifaatus Syafa'ah dan Stifani Dwi Andriyanti)