(Sumber: Dokumentasi pribadi

Semarang, KABARFREKUNSI.COMMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Universitas IsIam Negeri (UIN) Walisongo posko 20 gelar pelatihan pembuatan es krim di MI Maarif yang terletak di Jalan Nusantara 01 Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari rabu (25/10/2023) mulai pukul 08.15-10.30 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh siswa kelas V yang berjumlah dua puluh sembilan anak. Pembuatan es krim yang diberikan  menggunakan bahan dan alat sederhana yakni susu UHT, garam krosok, es batu, dan kaleng bekas. 

Dalam pembuatan es krim, Aprin Tsalisa selaku anggota Tim KKN posko 20, memberikan contoh tahapan pembuatan es krim, mulai dari memasukkan susu UHT ke dalam kaleng bekas yang sudah dicuci bersih, mencampur garam krosok dengan es batu ke dalam baskom, memutar kaleng sehingga susu UHT tersebut berubah menjadi es krim.

"Membuat ice cream yang teksturnya lembut tidak harus menggunakan mesin mahal, kita bisa memanfaatkan  kaleng biskuit bekas yang ada di rumah,  jika ingin mendapatkan hasil yang baik, maka anak-anak harus sabar dalam pembuatannya,” jelas Aprin Tsalisa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 20,  disela mendampingi proses pembuatan ice cream.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para siswa yang terlihat dari antusiasme siswa itu sendiri. Salah satunya adalah M. Bagas Ramadhan.

“Kegiatan pembuatan es krim ini seru dan menyenangkan, es krim nya juga enak,” kata Bagas. 

Selain itu, apresiasi lain juga disampaikan oleh Ibu Hartati, Salah satu guru  MI Maarif Gedangan mengatakan bahwa anak-anak cenderung suka es krim maka mereka sangat antusias dalam mengikuti praktik pembuatan es krim. 

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Tim KKN  Posko 20 dengan tujuan untuk mengasah kreatifitas anak dalam membuat es krim dengan alat sederhana disekitar mereka yakni kaleng bekas. 

"Harapan kami kedepannya, semoga anak-anak semakin kreatif dalam membuat hal baru dan unik dengan memanfaatkan  barang bekas disekitarnya," ujar Muhammad Abdul Ghofur, Koordinator KKN Posko 20.


(Kabar/Tim KKN Posko 20)