foto/kontributor

Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Dalam upaya memberikan kenyamanan serta menjaga kebersihan tempat beribadah, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 10 Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo melakukan aksi bersih-bersih masjid tepatnya di Masjid Al-Amin yang berada di Dusun Ngagrong, Desa Karanganyar, Kecamatan Tuntang pada hari Kamis (19/10). Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 09.00 sd. 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan mengikuti berjamaah sholat dzuhur bersama di masjid. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bagi mahasiswa KKN itu sendiri maupun para warga akan pentingnya menjaga kebersihan dan merawat tempat ibadah masjid, sehingga akan merasa lebih nyaman dan khusyu' ketika beribadah sholat di masjid.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja, masjid Al-Amin juga digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan oleh warga desa seperti sholat jum'at, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), tahlilan, dan latihan rebana yang dilaksanakan setiap malam Ahad ba'da Isya'. Adapun kebersihan masjid menjadi salah satu program kerja dari mahasiswa KKN Posko 10 itu sendiri.

"Kegiatan bersih-bersih masjid ini menjadi salah satu program kerja dari kami, yang mana setiap masjid ataupun mushola di Dusun Desa Karanganyar pastinya akan kami bersihkan. Adapun masjid atau mushola yang akan kami bersihkan terlebih dahulu meminta izin kepada kepala dusun sehingga nantinya kami mendapat rekomendasi masjid atau mushola mana yang perlu kami bantu untuk melakukan bersih-bersih tersebut," tutur Hera selaku koordinator kebersihan masjid.

Mahasiswa KKN Posko 10 UIN Walisongo bersama dengan Rusmanto selaku pengurus masjid melakukan kebersihan bersama seluruh area masjid termasuk ruang sholat, karpet sajadah, mimbar, ruang TPQ, rak mukena dan Al-Qur'an, tempat wudhu, kamar mandi, dan halaman.

Melalui kegiatan ini, Fazlur selaku Koordinator Desa KKN Posko 10 menyampaikan harapannya "Dengan adanya bersih-bersih masjid, harapannya dapat menarik minat warga khususnya Dusun Ngagrong agar menciptakan kesadaran tentang pentingnya merawat tempat ibadah, serta menjalin koneksi yang erat antara mahasiswa KKN dan warga sekitar," ungkapnya.

(Nadia A/Kontributor)