foto/kontributor

Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Posko 17 UIN Walisongo Semarang bekerja sama dengan Pondok Pesantren A.P.I Al-Masykur, Pondok Pesantren Al-Isti’anah, Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy dan Pemerintah Desa Jombor untuk mengadakan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Lapangan SDN Jombor, Kabupaten Semarang, Minggu (22/10/2023).

Berdasarkan ketentuan yang telah disahkan melalui Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 25 Tahun 2023. tentang upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2023 dengan tema "Jihad Santri, Jayakan Negeri” merupakan tema yang diusung pada peringatan Hari Santri Nasional tahun ini.

Upacara dihadiri oleh para santriwan dan santriwati, pengurus pemerintah desa dan masyarakat Desa Jombor. Pada kesempatan tersebut, Gus Mansyur selaku Pembina Upacara menyampaikan terkait perkembangan santri di era Gen Z.

"Mengutip pesan dari K.H. Said Aqil Siroj tentang 4 prinsip pokok sebagai bekal gen Z di era serba digital yaitu Ar-Ruh Ad-Diniyah (semangat beragama), Ar-Ruh Al-Wathoniyah (Semangat Kebangsaan), Ar-Ruh At-Taaddudiyyah (Semangat kebhinekaan), dan Ar-Ruh Al-Insaniyah (semangat kemanusiaan)" Ucap Gus Mansyur (Pondok Pesantren A.P.I. Al-Masykur).

Semangat yang harus dijaga akan terwujudnya negeri yang damai tanpa adanya peperangan dengan tetepa teguh menjadi prinsip Islam sebagai semangat kebangsaan.

Gus Mansyur juga mengatakan bahwa santri pantas menjadi pemimpin bangsa di kemudian hari.

"Nafas perjuangan dahulu dan perjuangan para ulama dahulu tetap sama meskipun tidak dapat disejajarkan. Kita sebagai santri jangan pernah malu. Dan harus bisa membuktikan bahwa santri dapat menjadi pemimpin bangsa kelak.” Tambahnya.

Pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional merupakan yang pertama kali diadakan langsung di Desa Jombor. Melibatkan berbagai pihak, membuat upacara peringatan ini berjalan lancar. Para santri yang bertugas menjadi petugas upacara pun membantu melancarkan jalannya kegiatan.

“Upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023 yang digelar KKN UIN Walisongo pertama kali di Desa Jombor. Upacara ini disambut baik oleh seluruh elemen dan santri di Desa Jombor” Ucap Bapak Darso selaku Kepala Desa Jombor.

Terlepas dari kolaborasi dan kontribusi dari berbagai pihak, kerja keras kepanitiaan dari KKN Walisongo berhasil menyukseskan semarak Hari Santri Nasional di Desa Jombor.


(Nur Rahayu/Kontributor)