(sumber : dokumentasi pribadi)


Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Hari Kedua acara Biology Festival (Biofest) bertajuk "Be a Great Biology Generation with Showing Your Talent and Creativity in Biology Festival 2023" yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi, diselenggarakan di Audit 1 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang, Selasa (21/11).

Dalam puncak acara tersebut dihadiri oleh beberapa dosen selaku dewan juri dalam berbagai jenis lomba. Berbagai jenis lomba yang diadakan pada hari kedua Biofest tahun ini antara lain, finalis 10 besar lomba iklan layanan masyarakat, tahap semifinal duta duti ambasador biologi, lomba pensi angkatan, dan lomba menghias tumpeng. 

Dalam wawacancara, Riky selaku ketua panitia mengatakan bahwa diadakan acara ini merupakan ajang sebagai mengembangkan kreativitas mahasiswa jurusan biologi dari segi akademik maupun non akademik sekaligus ajang hiburan mahasiswa jurusan biologi yang disibukan dengan laporan praktikum. 

“Acara diadakan acara ini untuk mengembangkan kreativitas dari segi akademik maupun non akademik. Bukan hanya itu merupakan acara keakraban untuk mempererat antara mahasiswa jurusan pendidikan biologi dan biologi murni serta hiburan untuk menghilangkan penat dari kesibukan tugas laporan praktikum” tutur Riky.

Riky juga menambahkan harapan terkhususnya dalam ajang lomba duta duti biologi tahun ini agar lebih memaksimalkan kembali program kerja (Proker) yang telah disampaikan.

“Untuk kedepanya duta duti yang terpilih bisa memaksimalkan proker atau kerja mereka, nantikan mereka juga akan dinaungi langsung oleh prodi bukan lagi oleh HMJ, jadi nanti duta duti ini akan dibimbing langsung oleh prodi, harapannya proker yang mereka buat akan terlaksana dengan baik" tambah Riky.

Salah satu mahasiswa angkatan 2021, Rani mengatakan bahwa acara Biofest tahun ini lebih kreatif dibanding sebelumnya. Rani mengatakan bahwa dalam Biofest tahun ini pesertanya lebih aktif kreatif untuk memeriahkan acara Biofest.

“Acara Biofest tahun ini lebih kreatif dikarenakan peserta nya lebih aktif, inovatif, serta menurut aku Biofest tahun ini lebih seru daripada tahun kemarin, lebih kerasa effort-nya, lomba-lomba lebih bervariasi tahun ini seperti menghias tumpeng dan antusias para peserta” tutur Rani.

Winda selaku mahasiswa angkatan 2021 juga menambahkan dalam bahwa pada Biofest tahun ini terdapat jenis perlombaan baru yang mana belum diadakan pada biologi festival pada tahun-tahun sebelumnya. 

“Tahun ini ada lomba menghias tumpeng, yang menurutku itu unik banget" tutur Winda.

Para mahasiswa angkatan 2021 berharap bahwa acara ini merupakan acara terakhir mereka mengikuti dalam Biofest sehingga mereka dapat semaksimal mungkin dalam ajang ini sebagai upaya memeriahkan acara terakhir mereka dan mengembangkan bakat minat baik untuk mereka maupun mahasiswa angkatan 2022 dan 2023. 


(Kabar/Siti Qumarriyah & Amalia Hidayanti)