(Sumber : Dokumentasi pribadi


Semarang, KABARFREKUENSI.COMMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Regular 81 posko 12 Universitas islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang turut berpartisipasi dalam kegiatan pembacaan Kitab Maulid Nabi Diba’ di Dusun Nalirojo, Desa Ngajaran, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Minggu (12/11/2023).


Pembacaan Kitab Maulid Nabi Diba’ merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh warga Desa Ngajaran yang biasa dilakukan setiap hari Minggu malam Senin setelah sholat maghrib dan diikuti oleh warga sekitar Mushola Al-Fatah.

Ustadz mushola setempat, Mukhlisin  mengatakan bahwa kegiatan pembacaan Kitab Maulid Nabi Diba’ merupakan kegiatan pembacaan sholawat dan mengagumkan asma atau nama besar Nabi Muhammad SAW.

“Semoga dengan membaca Diba’an kita selalu mendapatkan bimbingan, selalu mendapatkan bid’ah dari Allah SWT dan selalu mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, sejak dunia ini sampai esok di akhirat," ujar Mukhlisin. 

Salah satu mahasiswa KKN UIN Walisongo yang mengikuti kegiatan Diba’an berpendapat bahwa dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat menarik kaum pemuda pemudi dalam melestarikan tradisi masyarakat.

“Meskipun kegiatan Diba’an hanya dilakukan seminggu sekali, tapi dengan kami mengikuti kegiatan tersebut kami berharap dapat menarik kaum muda di masyarakat sekitar mushola Al-Fatah, sehingga tradisi pembacaan Kitab Maulid Nabi Diba’ dapat terus berlanjut,” tutur Surya

(Kabar/posko12