(Sumber : Dokumentasi pribadi


Semarang, KABARFREKUENSI.COM - Pilihan Umum Walisongo (Pemilwa) 2023 diselanggarakan oleh Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, Kamis (30/11). 

Seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 07.00  sampai pukul 16.00 WIB. Namun, pada pukul 09.00 WIB Pemilwa diberhentikan sementara karena terjadi trouble pada sistem pemilihan suara. 

Dari keterangan Komisi Pemungutan Suara (KPM), Pemilwa akan dilanjutkan pukul 13.00 WIB. Namun, terdapat miskomunikasi antar panitia, sehingga mengalami keterlambatan lima belas menit. Akibat keterlambatan tersebut terjadi kericuhan, beberapa mahasiswa mendesak KPM untuk segera membuka pintu GSG agar pemilihan suara segera dilaksanakan kembali. 

“Untuk pemilihan sudah dimulai dari pukul 08.00 pagi tapi terjadi troble pada sistem sehingga ditunda pada pukul 13.00, mengenai keterlambatan 15 menit merupakan hal wajar lah kan untuk persiapan hal tersebut menurut saya tidak terlalu lama," ujar Zulhandi selaku ketua KPM.

Selain keterlambatan, Pemilwa tahun ini juga dipandang kurang kondusif. Terjadi penumpukan antrian panjang di bilik suara, dan juga jarak pemilih terlalu dekat, sehingga pemilih (mahasiswa) dapat melihat pemilihan suara yang dilakukan mahasiswa lain.

"Saya rasa Pemilwa tahun ini agak kurang kondusif, karena sempat terjadi kericuhan dan antrian panjang akibat keterlambatan waktu yang direncanakan dan terbatasnya bilik suara. Tapi, terlepas dari hal tersebut Pemilwa kali ini tetap bisa dikatakan sebagai pemilihan yang luber jurdil," ungkap R, salah satu peserta Pemilwa. 

Lebih lanjut, Wakil Rektor (WR) 2 menyampaikan bahwa tidak terdapat pemanjangan waktu Pemilwa. Namun, 200 suara yang diperoleh sudah bisa dikatakan sebagai suara sah. 

"Sitem pemilihan merupakan sistem yang telah dirancang oleh pihak PTIPD Universitas. KPM hanya melaksanakan sesuai dari pemograman sistem yang telah diberikan. Sistem tersebut hanya akan menerima jawaban hingga pukul 18.00 WIB, setelah itu pelaksanaan Pemilwa akan ditutup," tegas F, anggota Panitain Pemungutan Suara Mahasiswa (PPSM).


(Kabar/Fatikhatul Maulidatunnisa