(Sumber : HMJ Biologi)

Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi UIN Walisongo Semarang gandeng Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) Wilayah Kerja IV Jawa 2 dan Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) UNDIP untuk mengadakan acara Biologi Menebar Kebaikan (BIOBA) pada Sabtu (30/03). Acara tersebut diselenggarakan di Alun-Alun Johar yang diikuti oleh perwakilan Mahasiswa Biologi dari beberapa universitas. Universitas yang turut hadir dalam kegiatan tersebut ialah, Universitas Negeri Semarang, Universitas Tidar, Universitas Ahmad Dahlan, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Kudus dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

BIOBA merupakan kegiatan sosial yang dilakukan dengan pengumpulan donasi. Donatur berdonasi dengan cara membeli Voucher Biologi Pahala (BIOPALA) seharga 10.000/voucher. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk takjil yang dibagikan di jalan dan dalam bentuk sembako yang akan diberikan ke panti asuhan.

Ketua panitia BIOBA 2024, M. Ryan Riyadhi Noreng atau yang sering disapa Ryan mengatakan BIOBA ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat. Serangkaian acara berjalan lancar dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan pembagian takjil di beberapa titik sekitar Alun-Alun Johar, dan ditutup dengan buka bersama. Sebanyak 120 takjil sudah dibagikan di tiga titik, yaitu perempatan Pasar Johar, titik nol kilometer, dan Pasar Djohar Baru. Kemudian untuk sembako akan diberikan ke Panti Asuhan Al-Huda pada Senin (01/04).

“Karena dengan berbagi ke dua tempat diharapkan donasi dapat tersalurkan secara merata kepada orang-orang yang membutuhkan dan orang-orang yang berpuasa”, tambah Ryan.

Menurut Ryan, tantangan dalam acara BIOBA ini yaitu pada pengondisian dan koordinasi, dikarenakan kegiatan kali ini collab dan melibatkan banyak pihak.

“Harapan untuk kegiatan ini bisa menyampaikan donasi secara tepat dan untuk kedepannya kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung serta tertata lebih baik lagi. Selain itu, juga bisa mempererat silaturahmi antar sesama mahasiswa biologi”, tutur Ryan.

Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dibuktikan dengan tergalangnya donasi yang cukup banyak dan dapat menggandeng tiga organisasi biologi.

“Acaranya keren dan situasinya ramai, walaupun peserta sudah lelah berpuasa jadi ada yang lemas, tetapi terselamatkan karena adanya games dan jalan-jalan berburu makanan dan minuman”, ujar Nadiya salah satu peserta perwakilan dari Universitas Negeri Semarang.


(Kabar/Fitri Azizah)

Editor : Berlian