Sumber : Dokumentasi Pribadi

Semarang, KABARFREKUENSI.COM-Acara dies natalis jurusan kimia yang ke 16 yang mengusung tema "Ikatan Inovasi : Merayakan 16 Tahun Keberhasilan dalam Membentuk Saintis Muda untuk Berpikir Kreatif dan Berinovatif Tinggi di Dunia Kimia". Acara ini diselenggarakan pada tanggal 13-16 Mei 2024, hingga puncak acaranya pada tanggal 16 Mei 2024 . Tujuan tema dies natalis ke 16 ini yaitu untuk menjadikan pemuda yang kreatif dan inovatif, didasarkan keinginan para saintis muda agar berkembang, dan juga untuk angkatan 21, 22, 23 agar bisa menyatu dan saling membantu dan menguatkan ikatan.

Pada Senin, 13 Mei 2024 acara pembukaan kegiatan dilaksanakan di ruang teater IsDB Fakultas Sains dan Teknologi kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, namun sebelum acara dimulai terjadi kendala dimana lampu diruang tersebut tiba-tiba mati. Dari pihak panitia pada awalnya menunggu dan berupaya mencari solusinya. Beberapa panitia berkoordinasi langsung dengan Pak Teguh selaku dosen kimia dan juga sekertaris prodi pendidikan kimia untuk mencari solusi yaitu mencari tempat lain untuk acara pembukaan bisa segera dimulai.

"Kami dari pihak panitia berusaha mencari ruangan disekitar kampus 3 UIN Walisongo ini, gedung rektorat, gedung IsDB Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, akan tetapi semua ruangan penuh dan setelah bermusyawarah dengan pihak panitia dan Bu Resi selaku pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) akhirnya kami memutuskan di ruangan teater perpustakaan kampus 3 UIN Walisongo Semarang" jelas Triadi 

Setelah mencari di tempat sekitar akhirnya mendapatkan tempat yaitu di ruang teater perpustakaan dan panitia langsung bergerak cepat mempersiapkan pindah ke perpustakaan kampus 3 UIN Walisongo supaya acara pembukaan bisa segera dimulai mengingat waktu yang sudah terpotong banyak. Kontribusi panitia yang sangat luar biasa sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik Acara ini diikuti semua mahasiswa jurusan kimia baik kimia murni ataupun pendidikan kimia. Antusias para mahasiswa untuk ikut serta memeriahkan kegiatan ini sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan workshop oleh pemateri yaitu Anggih Heri Saputra, S.Or. Beliau memaparkan materi tentang kewirausahaan. Kegiatan workshop ini berjalan lancar dan ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta workshop dari mahasiswa jurusan kimia. Kegiatan hari ini ditutup dengan lomba karaoke. Lomba lainnya dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Mei 2024 yaitu lomba Lomba cerdas cermat (LCC) , Mobile legend (ML), Essay. Pada tanggal, 16 Mei 2024 yang merupakan puncak acara terdapat lomba seru-seruan seperti estafet, lomba sarung hingga pemilihan duta duti jurusan kimia.

Triadi Pamungkas juga berharap bahwa setelah dies natalis terealisasikan mahasiswa kimia bisa lebih maju lagi, lebih berfikir lebih berinovatif lagi.

"Dari kami mengupayakan memberikan sarana supaya 3 angkatan lebih dekat, dari hmj juga memberikan sarana untuk bisa menjadikan lebih dekat semua dari mahasiswa kimia itu sendiri. Dan harapannya semua mahasiswa kimia bisa lebih maju, lebih bepikir Kritis dari program progam yang dijalankan." tambah Triadi 


Kabar : Sri Rahayuningsih & Siti Qummariyah

Editor : Salsa